Waspada! Kenali Penularan Polio Serta Cara Pencegahan dengan Imunisasi

Waspada! Kenali Penularan Polio Serta Cara Pencegahan dengan Imunisasi

Cara penularan penyakit polio dan pencegahan melalui imunisasi polio Foto : Tekno Spesial --

Ciri-cirinnya Demam, Merasa letih, Lemah otot, Muntah, Meningitis, Rasa kaku dan sakit pada kaki, tangan, leher dan punggung, Sakit kepala, Sakit tenggorokan

2. Polio Paralisis

Ciri-ciri atau gejalanya mulai dari sakit atau lemah otot yang serius, kaki dan lengan terkulai atau lemah, hingga kehilangan refleks tubuh. 

 3. Sindrom Pascapolio

Ciri-cirinya Mudah lelah, Sulit bernafas atau menelan, Gangguan tidur disertai kesulitan bernafas, Tidak kuat menahan suhu dingin, Sulit berkonsentrasi, Kelainan bentuk kaki atau pergelangan, Rasa sakit makin lemahnya persendian atau otot, Massa otot tubuh menurun. 

Lantas bagaimanakah cara penyakit polio ini menular. 

Penyakit polio merupakan infeksi menular karena virus polio yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, virus ini juga bisa memasuki aliran darah dan mengalir ke sistem saraf pusat, sehingga menyebabkan melemahnya otot dan kadang kelumpuhan. 

Cara penularan polio bisa melalui beberapa hal di bawah ini, yakni virus masuk ke tubuh melalui mulut  dan menginfeksi saluran usus.

Cara penularan polio juga bisa melalui paparan kotoran pengidap polio. Percikan ludah saat pengidapnya bersin atau batuk.

Melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi kotoran atau percikan yang mengandung virus polio

kata ahli , ketika virus masuk ke dalam mulut seseorang, maka selanjutnya virus ini akan berjalan ke tenggorokan dan turun ke perut. Di perut virus polio akan berkembangbiak. 

 

.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: