Simak! Cara Baru Cari Informasi Ala Gen Z yang Akurat Tanpa Perlu Lagi Pergi ke Website

Simak! Cara Baru Cari Informasi Ala Gen Z yang Akurat Tanpa Perlu Lagi Pergi ke Website

cara mencari tahu informasi tanpa melalui google.-Foto: Unsplash.com/TarasShypka-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dengan cara baru ini, pengguna dapat mencari informasi mengenai gambar atau video tanpa susah-susah mengunjungi website Google Search. Kini Google menghadirkan cara baru untuk mencari informasi di internet yang diberi nama Circle to Search.

Para Gen Z mulai tak tertarik untuk mencari informasi di raksasa mesin pencarian. Pernyataan tersebut berdasarkan laporan tahunan Reuters Institute for the Study of Journalism. 

Survei dilakukan pada 94 ribu orang dewasa di 46 negara, termasuk Amerika Serikat (AS). Laporan itu mengungkapkan anak-anak muda lebih suka mengakses berita lewat media sosial

Khusus untuk media sosial, pengguna lebih memperhatikan selebritas dan influencer dibandingkan jurnalis pada platform seperti Tiktok, Instagram dan Snapchat.

BACA JUGA:

Dengan fitur ini, pengguna Android dapat dengan mudah mengidentifikasi objek dalam foto atau video tanpa harus melibatkan langkah-langkah rumit dalam mengunjungi situs web Google Search.

Circle to Search dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengeksplorasi dunia informasi dengan gerakan sederhana, seperti melingkari atau menyorot objek tertentu pada layar ponsel mereka.

VP/GM Google Search Cathy Edwards mengatakan bahwa HP yang kita gunakan menjadi jendela informasi dunia, baik untuk mengeksplorasi minat, memecahkan masalah, membeli hadiah, mempelajari keterampilan baru, dan sebagainya.

Namun ketika sedang ingin mencari sesuatu, pengguna akan terasa mengganggu jika harus menghentikan aktivitas tersebut hanya untuk pindah ke aplikasi pencarian.

“Itu sebabnya kami memperkenalkan Circle to Search, cara baru untuk menelusuri apa pun di ponsel Android Anda tanpa berpindah aplikasi,” kata Cathy dikutip dari Blog Google, Kamis 18 Januari 2024.

“Sekarang, dengan gerakan sederhana, Anda dapat memilih apa yang Anda ingin tahu dengan cara apa pun yang Anda alami. Seperti melingkari, menyorot, mencoret-coret, atau mengetuk – dan mendapatkan lebih banyak informasi langsung di mana pun Anda berada,” imbuhnya.

Cathy menyebut dengan kemampuan untuk melakukan penelusuran dengan teks dan gambar secara bersamaan dan peningkatan terbaru Google yang didukung AI, pengguna dapat lebih mudah memahami konsep, ide, atau topik dari informasi yang dikumpulkan dari seluruh web.

BACA JUGA:

"Cukup lingkari [gambar] corn dog dan tulis pertanyaan, seperti "Mengapa ini begitu populer?" Anda akan segera mengetahui bahwa camilan manis dan gurih ini adalah corn dog Korea," ujar dia memberikan contoh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: