Debat Keempat Kandidat Cawapres, Mahfud MD Siapkan Isu Pupuk

Debat Keempat Kandidat Cawapres, Mahfud MD Siapkan Isu Pupuk

Capres - Cawapres Nomor Urut 3, Ganjar - Mahfud siapkan isu pupuk dalam debat keempat kandidat Cawapres atau debat Cawapres kedua pada Minggu 21 Januari 2024 nanti. -Foto : Dok/Instagram -

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID- Persoalan pupuk bakal menjadi isu yang akan dibawa Mahfud MD saat debat calon wakil presiden (cawapres) kedua atau putaran keempat Debat Capres-cawapres pada 21 Januari 2024. 

Pasalnya, menurut calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo penyubur tanaman itu menjadi permasalahan serius di Indonesia.

"Besok debatnya Pak Mahfud saya kira pas ya. Mungkin di seluruh tempat di Indonesia yang kita kunjungi pupuk menjadi persoalan serius ya," ujar Ganjar Pranowo, Kamis 18 Januari 2024. 

BACA JUGA:Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tertinggi Capai 50,9 Persen Pasca Debat Ketiga, Potensi Satu Putaran

Ganjar mengatakan, petani mengeluhkan kurangnya subsidi pupuk. 

"Satu, kurang (pupuk, Red), ini disampaikan petani dari sekian komoditas, sekarang hanya sedikit yang diberikan subsidi dan ternyata dari sedikit diberikan subsidi itu pun kurang," ucapnya.

Ganjar mengaku, petani banyak berbincang dengan petani soal kesetaraan pangan dan produktifitas. 

Dia menilai hal itu akan menjadi inspirasi dalam sebuah materi perdebatan Mahfud nanti.

BACA JUGA:Jelang Debat Pilpres yang Keempat, Inilah Persiapan dan Strategi Para Cawapres 2024

"Pertanyaan mereka adalah bagaimana nasibnya kalau kita bicara soal kesetaraan pangan dan produktifitas. Saya kira petani jadi penting, saya banyak inspirasi dari para petani, agar besok dimasukkan dalam sebuah materi perdebatan," tuturnya.

Jika berbicara soal ketahanan pangan, lanjutnya, salah satu yang dibicarakan dalam debat yakni soal politik pupuk. Kemudian UMKM hingga pekerja migran.

"Kalau kita bicara ketahanan pangan, darurat pangan, salah satu yang kita bicarakan adalah politik pupuk ini. Kemudian berikutnya tadi ada soal UMKM, ada soal pekerja migran," kata Ganjar.

Jadwal dan tema debat keempat Pilpres 2024

Debat keempat Pilpres yang diikuti oleh kandidat cawapres dilaksanakan pada Minggu 21 Januari 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: