Review Film Saltburn, Sebuah Obsesi Terhadap Keluarga Kaya yang Berujung Tragis!

Review Film Saltburn, Sebuah Obsesi Terhadap Keluarga Kaya yang Berujung Tragis!

Saltburn-Foto: Instagram.com/@saltburnfilm-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Film Saltburn, yang dirilis pada bulan November 2023 lalu, berhasil mencuri perhatian publik dan terus menjadi viral hingga saat ini.

Produksi ini tak hanya menjadi sorotan karena ceritanya, namun juga mengundang kontroversi dengan cuplikan video adegan vulgar dari pemeran utamanya, Oliver Quick, yang dibintangi oleh Barry Keoghan.

Pemain lainnya yang ikut andil dalam film ini adalah Rosamund Pike, Alison Oliver, Archie Madekwe, hingga Carey Mulligan. Dengan kombinasi sinematografi yang memukau dan misteri kelam, film ini sungguh unik.

Plotnya didasarkan pada dua karakter dengan kepribadian yang kuat namun berlawanan. Felix (Jacob Elordi) adalah seorang mahasiswa Oxford yang kaya dan populer. Dia didekati oleh Oliver (Barry Keoghan), yang kemudian berteman dengannya. 

BACA JUGA:

Mayoritas plot berkisar pada hubungan kompleks antara kedua karakter ini. Seiring berjalannya film, penonton dapat melihat bahwa Oliver kemudian terobsesi dengan Felix.

Ia kemudian berteman dengan Felix Catton, mahasiswa kaya yang simpatik dengan cerita Oliver tentang masalah keluarganya. Setelah kematian ayah Oliver, Felix mengundangnya ke rumah keluarganya di Saltburn.

Di Saltburn, Oliver bertemu dengan orangtua eksentrik Felix, Sir James dan Lady Elspeth, saudara perempuannya Venetia, dan teman Elspeth, Pamela, serta sepupu Amerika Felix, Farleigh, yang sebelumnya memiliki hubungan tegang dengan Oliver sebagai teman sekelas di universitas. 

Oliver dengan cepat memenangkan hati keluarga Felix, kecuali Farleigh, dan obsesinya terhadap Felix pun tumbuh. Saat musim panas berakhir, Elspeth dan James merencanakan pesta untuk ulang tahun Oliver. 

Felix mengejutkan Oliver dengan perjalanan untuk bertemu dengan ibunya, yang akhirnya membuat Oliver panik. Setelah tiba di rumah keluarganya di Prescot, Felix terkejut dan terluka oleh tipu daya Oliver, Felix memutuskan untuk tidak memberi tahu siapa pun untuk menyelamatkan keluarganya dari malu, tetapi ia memerintahkan Oliver untuk pergi dari Saltburn setelah pesta. 

Selama perayaan, Oliver mencoba memperbaiki hubungannya dengan Felix dengan mengungkapkan kagumnya padanya. Obsesi Oliver berkembang pesat, mendorongnya untuk melakukan segala cara agar dapat mendekati Felix. 

Akhirnya, Oliver diundang ke rumah Felix di Saltburn, di mana keluarga Catton memiliki kekayaan yang melimpah, sementara Oliver berasal dari latar belakang yang tidak seberuntung mereka.

Dalam pertemuan tersebut, Oliver mengungkapkan kepada Felix bahwa keluarganya tidak mampu, dia memperoleh beasiswa untuk bersekolah, dan ayahnya meninggal akibat overdosis obat-obatan. Dia juga menyampaikan bahwa dia enggan berkomunikasi dengan ibunya karena alasan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: