Mengenal Sosok Adolfo Macias Villiar, Bos Geng Kartel Narkoba Asal Equador yang Berhasil Lolos dari Penjara

Mengenal Sosok Adolfo Macias Villiar, Bos Geng Kartel Narkoba Asal Equador yang Berhasil Lolos dari Penjara

Bos geng Kartel Narkoba Equador Adolfo Macias Villiar kabur dari penjara 7 januari lalu publik heboh Foto : PalTV. co.id - Disway --

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Equador sebuah negara di Amerika Selatan yang cukup terkenal sebagai tempat peredaran narkoba jaringan internasional.

Istilah gang narkoba, dengan konsep Kartel alias menguasai jaringan peredaran narkoba kelas kakap banyak muncul terdengar dari negara ini. 

Baru-baru ini dunia dikejutkan dengan berita gempar dari negara Equador yakni lolosnya dari sebuah penjara Bos Gang Kartel Narkoba terbesar abad ini yang bernama Adolfo Macias Viliamar.

Pria berusia 44 tahun tersebut berhasil melarikan diri dari penjara Guayaquil dan diduga karena dibantu oleh orang-orang  disekitar jeruji besi tersebut atau orang dalam.

Lantas siapakah sosok Adolfo Macias Viliamar dan seperti apa sepak terjangnya dalam peredaran Narkoba internasional.

Profil Adolfo Macias Villiar

Adolfo Macias Viliar lahir 30 September 1979, dia dikenal dengan nama panggilan Fito.

Walau usia masih berkepala 4, namun dia sudah memimpin geng Kartel narkoba yang hampir menguasai peredarannya di Equador tempat dimana negara ia menetap.

Baru-baru ini pada 7 Januari 2024, dia berhasil meloloskan diri dari penjara la Regional tempat dia mendekam. Dirinya juga diyakini menjadi biang keladi gelombang kekerasan terbaru usai kabur dari penjara

Dikutip dari The Independent, Surat Kabar terkemuka yang terbit di Inggris Fito semula dijadwalkan akan pindah dari La Regional ke Penjara Roca.

Penjara Roca tersebut lebih kecil dan jumlah narapidananya juga lebih sedikit. Namun rencana itu berdasarkan keterangan dari Juru bicara Pemerintah lebih dulu bocor. 

''Kemungkinannya ada yang membocorkan dari seseorang pada awal natal 2023 lalu, ''ucap juru bicara pemerintah. 

karena sudah mengetahui, Fito lalu merencanakan pelarian, sedangkan seperti apa cara dia melarikan diri, tidak diketahui secara jelas, namun dua orang penjaga penjara diduga telah membantu agar dia bisa lolos. 

Sebelumnya diketahui pada Hari Natal itu, Fito melakukan Pemeriksaan Medis, dan kemungkinan ada orang lain yang masuk ke dalam penjara menggantikannya. ''Kemudian Fito bisa melarikan diri lewat pintu depan, ''ucap Mantan Menteri Dalam Negeri Equador Jose Serrano. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: