Tanggapi Kasus Polio di Indonesia, Ini Imbauan Kemenkes

Tanggapi Kasus Polio di Indonesia, Ini Imbauan Kemenkes

BACA JUGA:Plt Ketua TP PKK Kota Bekasi Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Polio

BACA JUGA:Sub PIN Polio Dimulai, Plt. Wali Kota Bekasi Tinjau Pelaksanaanya di Wilayah Kecamatan Bekasi Timur

dr. Maxi juga mengungkapkan beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebaran virus polio, diantaranya akibat rendahnya cakupan imunisasi polio, dan juga kondisi kebersihan lingkungan, serta perilaku hidup bersih yang kurang baik, seperti buang air besar (BAB) sembarangan baik itu di sungai ataupun pada sumber air yang juga digunakan pada kehidupan sehari-hari.

Dirinya menerangkan jika virus polio tersebut masuk ke dalam tubuh anak yang belum mendapatkan imunisasi polio atau imunisasi polionya tidak lengkap, maka virus tersebut akan sangat mudah berkembang biak dalam saluran pencernaan dan bahkan bisa menyerang sistem saraf anak sehingga menyebabkan kelumpuhan.

Untuk menanggulangi dan memutus transmisi penularan virus polio, Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk berperan aktif. 

Masyarakat harus memastikan anak-anak mereka memperoleh imunisasi rutin polio lengkap sesuai usia, yaitu 4 kali polio tetes dan 2 kali polio suntik, sebelum usia 1 tahun.

Masyarakat juga diimbau segera melapor kepada petugas kesehatan atau puskesmas terdekat bila menemukan anak usia di bawah 15 tahun dengan gejala lumpuh layu mendadak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: