Mengenal Wedang Uwuh, Minuman Tradisional Kaya Rempah Baik untuk Tubuh

Mengenal Wedang Uwuh, Minuman Tradisional Kaya Rempah Baik untuk Tubuh

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional khas Jawa yang terkenal akan khasiatnya dalam menjaga kesehatan tubuh.

Minuman ini terbuat dari berbagai macam rempah-rempah alami seperti daun jambu biji, daun sirih, daun kemangi, kayu manis, jahe, serai, dan beberapa bahan alami lainnya.

Nah, dalam minuman herbal ini mengandung beragam kandungan, seperti saponin, gingerol, sitral, geraniol, brazilin, dan citronellol.

Wedang Uwuh yang memiliki rasa yang segar dan aromatik, telah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Konon dahulu kala minuman wedang uwuh disajikan untuk raja dalam menjamu tamunya.

BACA JUGA:

Sebagai minuman tradisional, Wedang Uwuh memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari minum Wedang Uwuh:

1.  Menyehatkan Saluran Pencernaan

Rempah-rempah yang terkandung dalam Wedang Uwuh memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri jahat dan infeksi dalam sistem pencernaan.

Mereka juga membantu meningkatkan produksi enzim pencernaan, sehingga memperbaiki masalah pencernaan seperti perut kembung, diare, dan sembelit.

2.  Menjaga kesehatan kulit

Wedang Uwuh mengandung antioksidan dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Vitamin dalam minuman ini juga membantu memperbaiki dan meregenerasi sel kulit, sehingga membuat kulit terlihat lebih sehat dan bercahaya.

3.  Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Beberapa rempah-rempah dalam Wedang Uwuh, seperti kayu manis, memiliki sifat antiinflamasi dan antikoagulan alami yang dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Minuman ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

4.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Wedang Uwuh mengandung berbagai jenis rempah-rempah yang memiliki sifat antivirus dan antibakteri alami. Ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: