Ingat! Jangan Charge HP sampai 100 Persen, Begini Alasannya

Ingat! Jangan Charge HP sampai 100 Persen, Begini Alasannya

Pengisian daya secara perlahan dapat menguras baterai seiring berjalannya waktu. Itu sebabnya banyak produsen memiliki fitur untuk mengoptimalkan pengisian daya.

4.  Panas Bisa Menjadi Musuh Tersembunyi

Faktor lingkungan juga sangat memengaruhi keamanan dan efisiensi pengisian daya perangkat. Kamu sendiri mungkin memperhatikan HP menjadi lebih panas saat disambungkan ke pengisi daya.

BACA JUGA:

Panas adalah efek samping yang tidak dapat dihindari dari proses tersebut. Meskipun sebenarnya hal ini tidak perlu dikhawatirkan, tetapi mengelola kondisi termal dapat meningkatkan kecepatan pengisian daya dan kesehatan baterai secara keseluruhan.

5.  Tips Mengisi Daya HP

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan kesehatan baterai HP:

  • Gunakan pengisi daya dan kabel berkualitas tinggi. Pengisi daya dan kabel berkualitas tinggi dirancang untuk memberikan aliran daya yang stabil dan aman ke HP, mengurangi risiko panas berlebih dan potensi kerusakan.

  • Perhatikan suhu. Suhu yang terlalu tinggi atau rendah dapat memengaruhi kesehatan baterai. Usahakan suhu sedang saat men-charge perangkat, karena hal ini akan mendorong kondisi pengisian daya yang optimal.

  • Segera cabut kabel saat terisi penuh. Mencabut perangkat setelah kapasitasnya penuh akan mencegah pengisian daya tetesan, yaitu periode pengisian daya minimal yang berkepanjangan yang dapat menyebabkan baterai stres seiring berjalannya waktu. Dengan mengikuti tindakan pencegahan ini, baterai akan tetap dalam kondisi prima untuk waktu lama.

  • Pengisian daya sebagian: Mengisi daya HP dalam jangka waktu singkat, misalnya dari 20 hingga 80 persen, tidak terlalu membebani baterai dibandingkan dengan mengosongkan baterai dalam-dalam lalu mengisi daya hingga penuh.

Meskipun aman mengisi baterai hingga 100 persen, tetapi yang terbaik adalah membuat kapasitas baterai tetap berada di antara 20 hingga 80 persen.

Ini memastikan bateri berumur panjang dan kinerja menjadi lebih optimal. Jadi lebih paham kan kamu cara menjaga baterai HP tetap awet? Semoga artikel ini bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: