Dampak Buruk Serangan Kapal di Laut Merah Bagi Perdagangan Global

Dampak Buruk Serangan Kapal di Laut Merah Bagi Perdagangan Global

Tarif angkutan global sudah meningkat setelah Terusan Panama bulan lalu membatasi jumlah kapal yang dapat melintasi terusan karena kekurangan air akibat kekeringan panjang.

Untungnya, industri pelayaran telah memetik pelajaran dari krisis rantai pasokan pasca-COVID, dan banyak perusahaan telah memperluas armada kapal kargo mereka, sehingga dampak dari krisis rute Laut Merah diprediksi tidak akan mengancam perdagangan global.

Pelabuhan Peti Kemas Terbesar di Dunia

Pelabuhan peti kemas menjadi indikasi kasat mata mengenai pertumbuhan ekonomi sebuah negara.

BACA JUGA:1.354 Kapal Laut Akan Beroperasi Selama Libur Nataru

BACA JUGA:Berapa Gaji Pelayaran ? Posisi Pelayan hingga Kapten Kapal, Ini Rinciannya

Tidak heran jika belakangan negara-negara Asia mendominasi transportasi kontainer dunia.

Barang seberat 137,8 juta ton melewati pelabuhan peti kemas terbesar milik Jerman di Hamburg tahun 2015 silam, termasuk diantaranya sekitar 8,8 juta kontainer berukuran standar (TEU). 

Dengan angka tersebut Hamburg tercatat sebagai pelabuhan peti kemas terbesar ketiga di Eropa dan ke-19 di dunia.

Pelabuhan Antwerpen adalah yang terbesar di Belgia. Kapasitasnya saat ini ditaksir mencapai 9,6 juta kontainer berukuran standar. Jika diukur berdasarkan volume kargo dalam ton, Antwerpen malah tercatat yang terbesar kedua di Eropa dan berada di posisi 15 di dunia. Keunikan terbesar Antwerpen adalah taman industri kimia yang terletak di dalam kompleks pelabuhan.

Pelabuhan Rotterdam adalah yang terbesar di Eropa dan keduabelas di dunia. Kompleks pelabuhan membentang sepanjang 42 kilometer dan memiliki kapasitas 12,4 juta TEU. Rotterdam tercatat lebih banyak mengolah kontainer dengan tujuan Timur Tengah dan Amerika Utara ketimbang belahan dunia lain.

BACA JUGA:Catat! Penjualan Tiket Kapal Libur Nataru 2023-2024 Mulai Jumat 17 November, Jangan Sampai Kehabisan!

BACA JUGA: Urban Legend Lampung; Rumah Kapal Di Bandar Lampung Dan Dihuni Oleh Makhluk Tak Kasat Mata

Pelabuhan petikemas Los Angeles terletak di tepi Teluk San-Pedro, sekitar 30 kilometer dari pusat kota Los Angeles. Pelabuhan ini cukup unik karena memiliki dua pelabuhan sekaligus, yakni Los Angeles dan Long Beach. Kedua pelabuhan memilki kapasitas 15,3 juta TEU, terbesar kesepuluh di dunia.

Pelabuhan Jebel Ali di Dubai tercatat sebagai pelabuhan dagang terbesar di Timur Tengah. Dibangun di atas pasir gurun akhir dekaden 1970an, kini pelabuhan Dubai memiliki kapasitas 15,6 juta TEU dan mendarat di posisi sembilan pelabuhan peti kemas terbesar sejagad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: