Kritik PBNU Terkait Pencopotan Ketua PWNU Jatim, Cak Imin: yang Rugi NU!

Kritik PBNU Terkait Pencopotan Ketua PWNU Jatim, Cak Imin: yang Rugi NU!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Keputusan PBNU mencopot KH Marzuki Mustamar dari jabatan Ketua PWNU Jawa Timur mendapat kritik dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau cak Imin.

Cak Imin yang merupakan cawapres nomor urut 1 ini mengaku prihatin. Menurutnya praktik pemecatan atau pemberhentian ini bukan tradisi di tubuh PBNU. Kejadian macam ini baru terjadi belakangan.

 

"Bukan urusan saya ya, tapi saya sebagai orang NU, lahir di NU, besar di NU, [pemecatan] enggak ada di NU, kecuali sekarang ini pemberhentian-pemberhentian itu," ucap Cak Imin, di Situbondo, Kamis (28/12).

 

"Pemberhentian Kiai Marzuki yang rugi bukan Kiai Marzuki yang rugi PBNU sendiri, orang sehebat kiai Marzuki masa diberhentikan," ujar dia.

 

BACA JUGA:

 

Lebih lanjut cak Cak Imin menyampaikan, PBNU akan rugi sudah mencopot Kiai Marzuki. Sebab Pengasuh Pesantren Sabilurrosyad Gasek, Malang, itu merupakan sosok ulama yang hebat.

Rupanya kritik Cak Imin ini mendapatkan respon dari PBNU. Terpisah, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul membalas pernyataan Cak Imin itu. Ia menyebut pecat memecat justru sering dan sudah lama terjadi di PKB.

 

"Ya enggak apa-apa, di PKB dulu juga copot mencopot juga. Jadi sama-sama prihatin aja enggak apa-apa, kita saling memperkuat aja," kata Gus Ipul di sela acara Jawa Timur Berselawat, JX International, Surabaya, Kamis 28 Desember 2023 malam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: