Sempat Ditutup, Bandara Internasional Minangkabau Dibuka Kembali Pasca Erupsi Gunung Marapi

Sempat Ditutup, Bandara Internasional Minangkabau Dibuka Kembali Pasca Erupsi Gunung Marapi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bandara Internasional Minangkabau di Provinsi Sumatra Barat telah kembali dibuka pada Sabtu, 23 Desember 2023, setelah mengalami penutupan akibat erupsi Gunung Marapi

Keputusan pembukaan Bandara Internasional Minangkabau ini diumumkan melalui Notice to Airmen (NOTAM) dengan nomor NOTAM B2573/23 NOTAMC B2559/23 pada pukul 22:54 UTC atau 05:54 WIB.

M. Kristi Endah Murni, Dirjen Perhubungan Udara, memberikan instruksi kepada Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang untuk terus berkoordinasi secara intensif dengan stakeholder terkait guna memantau perkembangan informasi Gunung Marapi. 

Dalam pernyataannya, Kristi menekankan perlunya pemantauan situasi dan koordinasi intensif untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

Dampak erupsi Gunung Marapi dirasakan pada 15 penerbangan, termasuk 12 penerbangan domestik dan 3 penerbangan internasional. 

BACA JUGA:

Kristi menyatakan bahwa penumpang yang terdampak diberikan opsi untuk melakukan refund, reschedule, atau re-route sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Dengan kembalinya operasional normal bandara, diharapkan keselamatan dan kenyamanan penerbangan dapat dipulihkan setelah insiden force majeure tersebut.

Maskapai Berikan Kompensasi

Kristi telah menyerukan kepada maskapai penerbangan agar memberikan kompensasi kepada penumpang yang terdampak penutupan bandara. 

Ia menekankan pentingnya memberikan opsi full refund, reschedule, atau re-route ke bandara terdekat. 

Setelah penanganan situasi kemarin, Kristi menyatakan bahwa operasional penerbangan sudah normal kembali, memungkinkan masyarakat untuk merayakan Natal dan Tahun Baru dengan aman. 

BACA JUGA:

Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat di posko Nataru, memuji sigapnya dalam memberikan informasi penerbangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: