Gunung Lewotobi Laki-Laki Meletus, PVMBG Imbau Warga dan Wisatawan Waspada Gas Beracun

Gunung Lewotobi Laki-Laki Meletus, PVMBG Imbau Warga dan Wisatawan Waspada Gas Beracun

FLORES, RADARPENA.CO.ID- Gunung Lewotobi Laki-laki, Kabupaten FLORES Timur, NTT mengalami erupsi (meletus) ,Sabtu 23 Desember 2023, pukul 07:14 Wita. 

Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki Ardy Setya Prayoga menyampaikan, tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.500 meter di atas puncak. 

Ia menjelaskan, tinggi tersebut setara kurang lebih 3.084 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara. 

"Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 40 mm. Durasi 1.440 detik," kata Ardy, dikutip dari situs resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Ardy pun meminta masyarakat dan wisatawan tidak beraktivitas di sekitar pusat kawah gunung.

BACA JUGA:Aktivitas Gempa Gunung Salak Meningkat, Warga di Kaki Gunung Diminta Waspada!

Larangan tersebut berlaku untuk radius 2 kilometer dari pusat kawah gunung. 

"Jangan mendekati lubang tembusan gas yang berada di sekitar kawah. Untuk menghindari potensi bahaya gas beracun," ujarnya. 

Gunung Lewotobi di NTT

Gunung Lewotobi adalah gunung berapi kembar yang terletak di bagian tenggara Pulau Flores. Gunung ini terletak di Kabupaten Flores Timur, NTT.

Gunung ini terdiri dari dua puncak. Yaitu Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan.

Gunung Lewotobi Laki-Laki yang memiliki ketinggian 1.584 mdpl, mengalami erupsi terakhir pada 12 Oktober 2002. Status Tingkat Aktivitas Gunung Lewotobi Laki-Laki berada pada Level I (Waspada) sejak 17 Desember 2023.

Gunung Lewotobi Laki-Laki dipantau secara visual dan instrumental dari pos pengamatan di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: