Mengenal Apa itu Carbon Captured and Storage yang Ditanya Gibran Untuk Mahfud MD dalam Debat Cawapres

Mengenal Apa itu Carbon Captured and Storage yang Ditanya Gibran Untuk Mahfud MD dalam Debat Cawapres

JAKARTA, RADARPENNA.CO.ID - Cawapres dengan nomor urut 2 Gibran Rakabuming menyampaikan pertanyaan 10 detik kepada calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD mengenai soal regulasi fasilitas penangkapan karbon atau carbon capture storage (CCS) dalam Debat Cawapres, Jumat 22 Desember 2023 di JCC, Jakarta.

Hal itu dibahas oleh Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud Md. Awalnya Gibran mendapat kesempatan dari panelis untuk bertanya ke Mahfud. Dia menyinggung soal regulasi carbon capture storage.

"Ini karena Prof Mahfud adalah ahli hukum saya ingin bertanya bagaimana regulasi untuk carbon capture and storage?" kata Gibran dalam arena Debat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat 22 Desember 2023.

Gibran terlihat menikmati jawaban yang disampaikan Mahfud, yang terkesan melenceng dari poin pertanyaan soal beleid yang mengatur teknologi tangkap karbon tersebut. 

BACA JUGA:

Mahfud justru menjawab proses pembentukan perundang-undangan alih-alih menjawab persoalan mengenai beleid CCS saat ini.

“Regulasi itu kalau orang ahli regulasi itu tidak harus spesifik satu per satu kecuali proyek pembuatan regulasi itu sudah ada, baru dibuat regulasinya,” kata Mahfud. 

Mahfud lantas berlanjut pada proses pembuatan naskah akademik, lalu membahas soal kapasitas lembaga, komunikasi publik hingga posisi ideologi di balik undang-undang itu.

Mahfud tidak spesifik menjelaskan soal CCS tersebut saat menjawab. Ia hanya menjawab secara umum soal proses penyusunan regulasi.

Lantas, apa sih sebenarnya Carbon Capture and Stoarge yang dibahas Gibran dan Mahfud MD dalam debat Cawapres pada Jum'at, 22 Desember 2023.

Apa Itu Carbon Capture and Storage?

CCS atau sistem penangkapan CO2 adalah teknologi yang  memungkinkan beberapa sektor dengan emisi tertinggi mengurangi emisinya, dilansir dari National Grid. 

Seperti industri manufaktur, pembangkit listrik, penyulingan, petrokimia, baja, dan semen serta sangat menjanjikan dalam upaya mitigasi perubahan iklim.  

Karbon ini kemudian diangkut dari tempat produksinya, melalui kapal atau pipa, dan disimpan jauh di bawah tanah dalam formasi geologi.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: