Cara Mudah Lacak HP yang Hilang dengan IMEI, Temukan Lokasi dengan Akurat!

Cara Mudah Lacak  HP yang Hilang dengan IMEI, Temukan Lokasi dengan Akurat!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kecanggihan HP saat ini sudah sangat memanjakan penggunanya. Semua kebutuhan dari komunikasi sampai dengan keuangan bisa dari HP.

Bahkan ada idiom yang mengatakan lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan HP, saking pentingnya HP itu. Nah bagaimana paniknya apabila HP kamu hilang?

Ada banyak data personal seperti email hingga m-banking yang tersimpan di dalamnya yang sangat berbahaya apabila di salah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tapi tenang dulu, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menemukan HP kamu yang hilang itu. Ikuti terus artikel Radarpena berikut ini.

BACA JUGA:

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat kehilangan HP adalah melacaknya lewat aplikasi, Google Maps, atau mungkin IMEI.

Cara melacak HP hilang dengan IMEI bisa jadi opsi tepat dan efektif. Yuk, cari tahu cara melacaknya di penjelasan ini. 

Apa itu IMEI?

Cara melacak HP hilang dengan IMEI mungkin masih asing dibandingkan cara pelacakan lewat Google Maps atau aplikasi Find My Device. Bahkan, bisa jadi belum banyak orang yang familier dengan IMEI, lho.

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah angka yang terdiri dari 15 digit. Angka ini tersedia di perangkat telekomunikasi, seperti HP. 

IMEI dapat dikatakan sebagai identitas HP yang unik. Setiap HP memiliki IMEI yang berbeda-beda. HP yang sudah dilengkapi IMEI terdaftar bisa menggunakan layanan seluler di Indonesia.

Dengan memeriksa nomor IMEI, kamu bisa mengetahui data penting seperti jaringan perangkat, garansi, dan informasi operator. Menariknya lagi, IMEI bisa digunakan untuk melacak HP hilang. Berikut caranya.

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Melacak HP hilang lewat IMEI dinilai efektif karena nomor IMEI tiap perangkat berbeda dan gak bisa diubah. Sehingga, jejak atau lokasi dapat diketahui secara akurat. 

Agar bisa melacak HP dengan IMEI, kamu harus mencatat nomornya dulu. Simpan nomor dengan baik supaya bisa digunakan sewaktu-waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: