Memperingati Hari Bela Negara 19 Desember, Berikut Sejarah dan Teks Ikrar Bela Negara

Memperingati Hari Bela Negara 19 Desember, Berikut Sejarah dan Teks Ikrar Bela Negara

Selain itu, untuk mengenang sejarah perjuangan Indonesia, pemerintah Indonesia membangun Monumen Nasional Bela Negara tepat di kawasan yang pernah menjadi basis PDRI, tepatnya di Jorong Sungai Siriah, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Sekadar informasi, Hari Bela Negara 2023 merupakan peringatan yang ke-75. Pada peringatan ini mengusung tema "Korbankan Bela Negara Untuk Indonesia Maju".

Pembacaan ikrar bela negara di peringatan Hari Bela Negara 2023 bisa dibacakan oleh seluruh warga Indonesia, termasuk pegawai negeri, TNI hingga Polri.

Pembacaan ikrar bela negara ini bertujuan untuk mengikat warga negara Indonesia dengan sumpah agar komitmen dan siap menumpahkan darah demi negara Indonesia.

BACA JUGA:

 

Bela Negara sendiri merupakan sikap dan perilaku masyarakat yang dijiwai oleh kecintaannya pada negara. Sikap yang mencerminkan bela negara juga ditunjukkan dengan meyakini ideologi negara dan taat pada peraturan perundangan.

 

Bela negara yang dilakukan oleh seseorang ini bertujuan untuk menjaga keutuhan serta pertahanan negara tersebut. Di Indonesia, Bela Negara merupakan hak dan kewajiban seluruh masyarakat dan tercantum dalam Pasal 27 ayat (3) UUD 1945.

Upaya bela negara ini bisa dilakukan mulai dari lingkungan keluarga, pertemanan, sekolah, hingga pemerintahan. Misalnya, mengutamakan kepentingan orang lain, menaati tata tertib, dan menciptakan suasana rukun dan damai di lingkungan masyarakat.

 

Nilai-nilai bela negara, antara lain:

  • Cinta tanah air
  • Kesadaran berbangsa dan bernegara
  • Yakin terhadap Pancasila sebagai ideologi negara
  • Rela berkorban bagi bangsa serta negara
  • Memiliki kemampuan awal bela negara.

 

BACA JUGA:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: