Sederet Manfaat Daun Kelor yang Baik Bagi Kesehatan Salah Satunya Untuk Menurunkan Berat Badan

Sederet Manfaat Daun Kelor yang Baik Bagi Kesehatan Salah Satunya Untuk Menurunkan Berat Badan

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Manfaat daun kelor telah diketahui sejak lama ketika digunakan dalam pengobatan Ayurveda lebih dari 4.000 tahun yang lalu. Sayuran ini kaya akan asam amino, antioksidan, dan senyawa anti inflamasi. 

Karena kandungan gizi, vitamin, dan mineralnya, sayuran berdaun hijau bundar lonjong ini juga kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Daun kelor seperti biji, kulit kayu, akar, getah dan bunganya telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di seluruh Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Tak heran jika tanaman ini telah dikenal karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun. Kepadatan nutrisi ini menjadikannya tambahan yang berharga untuk diet lengkap.

BACA JUGA:

Kelor kaya akan antioksidan, seperti quercetin, asam klorogenat, dan beta-karoten. Lantas, apa saja sih yang perlu kita ketahui dari manfaat daun kelor bagi kesehatan? Yuk, simak ulasan pada artikel di bawah ini!

 

  • Mengatur Kadar Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelor bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, terutama mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Menjaga kadar kolesterol yang sehat sangat penting untuk kesehatan jantung.

 

  • Menurunkan Berat Badan

Kelor dipercaya dapat membantu proses penurunan berat badan. Manfaat kelor untuk menurunkan berat badan ini utamanya didapat saat daun telah diolah menjadi bubuk. Hal ini ditemukan dalam sebuah penelitian pada hewan dan tabung reaksi. Ditemukan bahwa kelor dapat membantu mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak.

 

  • Meningkatkan Suasana Hati 

Ekstrak tumbuhan seperti kelor dan pengaruhnya terhadap peningkatan kognisi dan suasana hati terus dipelajari secara ekstensif. Kelor dapat meningkatkan kognisi karena profil asam amino dan vitaminnya. Ini mengandung triptofan, pendahulu serotonin alias hormon kebahagiaan. 

 

  • Mendukung Kesehatan Otak 

Kandungan antioksidan pada daun kelor dapat mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif. Kandungan vitamin E dan C yang tinggi pada daun kelor juga dapat melawan oksidasi yang mengarah pada degenerasi neuron, meningkatkan fungsi otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: