Kenali 7 Tanda Tubuh Kekurangan Gizi, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Kenali 7 Tanda Tubuh Kekurangan Gizi, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kekurangan gizi adalah masalah yang serius di banyak negara di seluruh dunia. Dampaknya dapat sangat merugikan kesehatan dan perkembangan individu, khususnya pada anak-anak. 

Kekurangan gizi juga dikenal sebagai kekurangan nutrisi, terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan cukup nutrisi yang diperlukan untuk fungsi yang optimal. 

Ini dapat terjadi karena pola makan yang tidak seimbang atau tidak memadai, serta beberapa faktor lain seperti kemiskinan, penyakit, atau kurangnya pengetahuan tentang gizi yang baik.

Penyebab Kekurangan Gizi

Dikutip Radarpena dari laman alodokter, inilah beberapa penyebab utama kekurangan gizi, di antaranya:

1. Ketidaktahuan tentang Gizi

Banyak orang tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang pentingnya gizi yang seimbang. 

Mereka mungkin tidak tahu apa yang mengandung nutrisi yang diperlukan atau bagaimana menggabungkan makanan yang sehat dalam diet sehari-hari mereka.

BACA JUGA:

2. Tingkat Sosial Ekonomi yang Rendah

Orang dengan tingkat pendapatan yang rendah sering kali memiliki akses terbatas terhadap makanan yang bergizi. 

Makanan yang sehat dan kaya nutrisi sering kali lebih mahal dan sulit dijangkau bagi mereka yang kurang mampu secara finansial.

3. Kebersihan Lingkungan yang Buruk

Lingkungan yang kotor atau tidak higienis dapat menyebabkan penularan penyakit infeksi yang seringkali mengganggu penyerapan nutrisi. Infeksi kronis, seperti cacingan, dapat menyebabkan kehilangan nutrisi penting dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: