Borobudur Punya Saingan, Ini Barisan Candi Budha Terkenal di Dunia

Borobudur Punya Saingan, Ini Barisan Candi Budha Terkenal di Dunia

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menteri agama Yaqut Cholil Qoumas menilai Candi Borobudur memiliki potensi menjadi tempat pusat ibadah Agama Budha sedunia.

Dikutip dari situs resminya, Kemenag berupaya mencanangkan Candi Borobudur turut dibuka menjadi tempat ibadah bagi umat Budha.

Dibangun pada 800 -an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra, Candi Borobudur merupakan sebuah Candi Budha terbesar di dunia.

Selain Candi Borobudur, di benua Asia juga tersebar sejumlah Candi Budha yang terkenal.

Berikut penjabarannya:

BACA JUGA:6 Manfaat Susu Unta, untuk Kekebalan Tubuh hingga Cocok Jadi Minuman Diet

BACA JUGA:Innalillahi! Istri Habib Rizieq Shihab Meninggal Dunia

1. Bagan - Myanmar

Seperti dilansir dari laman Whc.unesco.org, Bagan merupakan sebuah kota kuno yang menjadi ibu kota dari Kerajaan Pagan, Burma dan merupakan cikal bakal dari wilayah modern Myanmar.

Pada abad ke-11 hingga ke-13 saat banyak kerajaan yang berdiri secara bersamaan, terdapat lebih dari 10 ribu kuil Budha, pagoda dan biara yang membangun kota Bagan. 

Hingga saat ini diperkirakan masih terdapat sekitar 2200 kuil dan pagoda yang berdiri di kota Bagan. 

2. Pagoda Shwedagon - Myanmar 

Pagoda Shwedagon merupakan sebuah bangunan berbentuk stupa atau pagoda setinggi 98 meter berlapis emas yang terletak di Yangon, Myanmar. 

Seperti dilansir dari laman Whc.unesco.org, Pagoda Shwedagon merupakan stupa Buddhis paling suci yang dimiliki oleh bangsa Burma karena menyimpan relik Budha terdahulu, yakni tongkat Kakusandha, saringan air Konagamana, sepotong jubah Kassapa, dan delapan helai rambut Siddharta Gautama.

3. Kuil Mahabodhi - India

Kuil Mahabodhi merupakan kompleks kuil yang terletak di Bihar, India dan merupakan satu dari empat situs suci yang berkaitan dengan Siddharta Gautama. Seperti dilansir dari laman Whc.unesco.org, di kawasan tersebut terdapat pohon bodhi yang merupakan tempat Siddharta memperoleh pencerahan, sehingga di kawasan tersebut dibangun Wihara Mahabodhi oleh Kaisar Asoka sekitar 260 sebelum Masehi.

BACA JUGA:Kades Ketapang Daya Bantah Dituduh Pernah Diperiksa Polisi Terkait Kepentingan Pasangan Pilpres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: