Polri Meniadakan Tilang Manual Selama Libur Nataru 2024, Diganti Ini

Polri Meniadakan Tilang Manual Selama Libur Nataru 2024, Diganti Ini

Sebelumnya, Kapolri telah menjelaskan bakal menggelar operasi lilin dalam rangka mengamankan pergerakan masyarakat yang diprediksi mencapai 107 juta orang saat momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). 

"Ini harus kita kelola dengan baik sehingga didalam proses perjalanannya betul-betul bisa berjalan dengan aman dan lancar," ungkapnya.

Kapolri menjelaskan operasi tersebut bakal melibatkan ratusan ribu personel dari berbagai unsur. Di mana kegiatannya melibatkan 129.923 personel, baik Polri, TNI, maupun seluruh stakeholder terkait. 

BACA JUGA:Libur Nataru, KAI Daop 2 Bandung Beri Diskon 20 Persen Kelas Eksekutif dan Ekonomi

BACA JUGA:Kuota Terbatas, Pelni Adakan Mudik Gratis Libur Nataru, Simak Rute dan Persyaratannya Disini

Polri juga melaksanakan kegiatan lainnya dalam rangka mendukung dan menjaga keamanan arus hilir mudik masyarakat pada libur tersebut.

"Kita akan memberlakukan rekayasa lalu lintas mulai dari pengaturan kontra flow sampai dengan one way," lanjut Kapolri. 

Dirinya menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan tersebut telah didasarkan pada rumus traffic accounting yang telah dicoba pada pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri lalu.

Di sisi lain, Kepolisian juga menjamin keamanan bagi umat Nasrani yang bakal merayakan Hari Raya Natal. Polri akan melakukan pengamanan pada malam Natal, puncak Hari Raya Natal, ataupun hari lain yang akan digunakan untuk melaksanakan perayaan Natal dan ibadah. 

Selain itu, Kepolisian bersama PT Pertamina telah membentuk satgas khusus untuk mengangani permasalahan distribusi BBM saat Nataru.

Pihaknya juga membentuk satgas khusus untuk penanganan bencana bersama TNI, BNPB dan stakeholder lainnya. Dengan kesiapan memberikan bantuan pertama saat terjadi bencana pada wilayah-wilayah yang terdampat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: