Kuota Timses Debat Capres - Cawapres KPU RI Ditambah

Kuota Timses Debat Capres - Cawapres KPU RI Ditambah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah memutuskan untuk meningkatkan kuota tim sukses (timses) yang dapat menghadiri Debat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024

Awalnya dibatasi 50 orang per pasangan calon, tetapi setelah perhitungan ulan.

KPU memperbolehkan maksimal 75 orang dari setiap timses, sehingga total 225 orang untuk ketiga pasangan calon.

Menurut Komisioner KPU RI August Mellaz, setelah perhitungan lebih lanjut, kapasitas area debat bisa menampung hingga 800 orang. 

Sisa kuota yang tidak terisi oleh timses akan dialokasikan untuk undangan dari KPU, termasuk perwakilan dari kementerian, Panglima TNI, Kapolri, Bawaslu, DKPP, dan stakeholder terkait lainnya.

"Sisanya itu undangan yang dari KPU untuk Kementerian lembaga untuk penyelenggara, tamu undangan lain misalnya duta besar semacam itu ada," tuturnya.

BACA JUGA:

Debat Capres-Cawapres 2024 direncanakan dalam tiga sesi untuk Capres dan dua sesi untuk Cawapres. 

Debat perdana, yang akan diselenggarakan di Kantor KPU RI pada 12 Desember, akan fokus pada tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat dijadwalkan dimulai pada pukul 19.00 WIB dan akan disiarkan secara langsung melalui stasiun TV dan radio. 

Perubahan kuota timses mencerminkan upaya KPU untuk memberikan akses yang lebih luas bagi pihak-pihak terkait dalam menyaksikan dan berpartisipasi dalam proses demokrasi yang sedang berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: