Jadwal Hujan Meteor di Bulan Desember 2023, Cek Selengkapnya di Sini!

Jadwal Hujan Meteor di Bulan Desember 2023, Cek Selengkapnya di Sini!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Desember 2023 menjadi bulan yang paling banyak terjadi hujan meteor. Di bulan tersebut, tercatat ada delapan hujan meteor berbagai kelas terjadi.

Tiga di antara delapan hujan meteor itu masuk ke dalam kategori hujan meteor Minor Kelas II yakni Puppid-Velid (8 Desember), Sigma-Hybrid (10 Desember), dan Leonid Minorid Desember (20 Desember).

Hujan meteor Puppid-Velid adalah hujan meteor yang titik radian (titik asal kemunculan meteor) berada di dekat bintang Gamma Velorum (Regor), yang berbatasan dengan konstelasi Vela dan konstelasi Puppis.

Hujan meteor itu bersumber dari sisa debu Komet 96P/Machholz yang mengorbit Matahari dalam periode 1,93 tahun.

BACA JUGA:

Bintang jatuh ini terjadi setiap kali puing-puing tersebut memasuki atmosfer Bumi. Komet ini nantinya akan terbakar pada ketinggian 70-100 kilometer dari Bumi.

Dilansir dari situs Langit Selatan, berikut ini daftar hujan meteor dan fenomena langit di Desember 2023.

  • 2 Desember 2023: Hujan Meteor Phoenicid

Berlangsung pada tanggal 28 November-9 Desember, Hujan meteor Phoenicid akan mencapai puncak pada tanggal 2 Desember. Hujan meteor yang tampak muncul dari rasi Phoenix ini memiliki laju meteor per jam yang beragam saat mencapai maksimum. Para pengamat dapat mengamati sekitar 12 meteor per jam saat malam puncak hujan meteor.

 

  • 7 Desember 2023: Hujan Meteor Puppid-Velids

Berlangsung pada tanggal 1-15 Desember, Hujan meteor Puppid-Velids akan mencapai puncak pada tanggal 7 Desember. Hujan meteor tampak muncul dari rasi Puppis. Saat mencapai maksimum, hujan meteor ini memiliki laju 10 meteor per jam.

 

  • 13-14 Desember 2023: Hujan Meteor Geminid

Hujan meteor Geminid akan berlangsung dengan 150 meteor per jam pada saat mencapai maksimum. Hujan meteor Geminid tampak datang dari rasi kembar Gemini. Hujan meteori ini berlangsung dari tanggal 19 November-24 Desember dengan intensitas maksimum akan terjadi tanggal 14 Desember.

BACA JUGA:

Hujan meteor Ursid yang berlangsung dari tanggal 13-24 Desember, akan tampak datang dari rasi Ursa Minor. Hanya para pengamat di belahan Bumi Utara atau di atas garis khatulistiwa saja yang dapat menyaksikan lintasan meteor Ursid. Rasi Ursa Minor akan terbit lewat tengah malam bagi pengamat di belahan Bumi Utara. Untuk pengamat di belahan Bumi Selatan, Ursa Minor terbit hampir bersamaan dengan Matahari terbit. Sehingga, hujan meteor Ursid tidak akan teramati oleh pengamat yang tinggal di bawah garis khatulistiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: