Pesan Menteri PUPR ke Pengembang Perumahan Subsidi: Tingkatkan Kualitas Konstruksi Bangunan di 2024

Pesan Menteri PUPR ke Pengembang Perumahan Subsidi: Tingkatkan Kualitas Konstruksi Bangunan di 2024

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta para pengembang Perumahan bersubsidi untuk terus meningkatkan kualitas konstruksi rumah beserta kawasannya lewat bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU). 

Menrutnya, hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan penghuni sehingga meningkatkan produktivitas. 

"Membangun rumah juga harus membangun kawasannya, supaya penghuni jadi lebih nyaman, dengan kenyamanan sehingga lebih produktif para penghuninya," kata Basuki, di Jakarta, Sabtu 9 Desember 2023.

BACA JUGA:Dilantik Jokowi Sebagai Kepala BNN, Intip Sepak Terjang dan Harta Kekayaan Marthinus Hukom

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Jabodetabek Sabtu, 9 Desember 2023, Sebagian Wilayah Jakarta Diguyur Hujan

"Bukan hanya jalan, PSU juga disediakan untuk fasilitas sanitasi dan air bersih. Kementerian PUPR akan lebih detail pada penyaluran PSU di rumah-rumah bersubsidi," sambungnya.

Pada tahun anggaran 2023 pemerintah menyalurkan bantuan PSU untuk 43.068 unit rumah bersubsidi di seluruh Indonesia berupa  prasarana, sarana, dan utilitas umum. 

"Tujuannya untuk meningkatkan perumahan yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah," ujarnya. 

Basukki juga memastikan, bahwa pihaknya akan terus berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas bantuan pembiayaan perumahan, salah satunya melalui program Fasilitas Likuiditas pembiayaan Perumahan (FLPP) yang dikelola oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

"Hingga saat ini bantuan FLPP anggaran tahun 2023 sudah disalurkan semua 100%. Tercatat sudah ada antrian 16 ribu untuk tahun 2024 dan walaupun anggaran FLPP diperkirakan pada Juli 2024 sudah habis tersalurkan, saya usahakan FLPP ditambah lagi anggarannya," terangnya.

BACA JUGA:Ketum NasDem Surya Paloh Tanggapi Miring soal Draf RUU DKJ , Khususnya Pasal 10 Ayat (2)

BACA JUGA:Warga Depok Kini Bisa Berobat Gratis, Syaratnya Cukup KTP

Menurut Basuki, penambahan alokasi bantuan rumah bersubsidi sangat penting mengingat pesan dari Menteri Keuangan yang mengatakan rumah bersubsidi salah satu pendukung perekonomian di Indonesia. 

"Berdasarkan data, hingga akhir November 2023, realisasi FLPP sudah mencapai 100% yaitu untuk rumah subsidi sebanyak 220.000 unit," sebutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: