Pembangunan Infrastruktur Dasar Batch I IKN Selesai Tahun Ini, Kementerian PUPR Tuntaskan Tahap II Tahun Depan

Pembangunan Infrastruktur Dasar Batch I IKN Selesai Tahun Ini, Kementerian PUPR Tuntaskan Tahap II Tahun Depan

Pembangunan jaringan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku--PUPR

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa pembangunan IKN terus berlanjut.

Saat ini pembangunan infrastruktur dasar batch satu sudah nyaris rampung. Bersamaan dengan progres tersebut, Kementerian PUPR dan OIKN sudah memulai pembangunan infrastruktur dasar batch dua. 

Beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh Kementerian PUPR dan OIKN pada batch dua meliputi pembangunan infrastruktur dasar. Termasuk diantaranya pekerjaan lanjutan pembangunan Jalan Tol IKN, hunian ASN, dan gedung perkantoran.

Di luar itu, Kementerian PUPR juga akan mulai pembangunan Kawasan Investasi. Secara terperinci Basuki menyampaikan bahwa instansinya telah menyiapkan anggaran untuk mengerjakan proyek-proyek tersebut.

Dari total pagu indikatif Kementerian PUPR 2025, Rp4,19 triliun diantaranya dipakai untuk melanjutkan pembangunan IKN.

BACA JUGA:

”Untuk digunakan dalam infrastruktur sumber daya air, infrastruktur jalan dan jembatan, infrastruktur permukiman, dan Sistem Penyediaan Air Minum Sepaku, dan infrastruktur perumahan,” terang Basuki dalam keterangannya, Selasa, 3 September 2024.


Pembangunan jaringan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku--PUPR

Kementerian PUPR memastikan bakal memaksimalkan penggunaan anggaran tersebut.

Secara terperinci, Basuki menyebutkan bahwa pekerjaan terkait dengan infrastruktur sumber daya air meliputi pengendalian banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) Pemaluan, pembangunan intake dan pipa transmisi air baku, dan operasi pemeliharaan sarana prasarana IKN.

”Terdiri atas pemeliharaan sarana dan prasarana Bendungan Sepaku Semoi, Intake Sepaku, dan Pengendalian Banjir DAS Sanggai, Pengendalian banjir Sungai Pamaluan, Pembangunan Intake dan Transmisi air baku Riko Kernain” kata dia. 

Untuk infrastruktur jalan dan jembatan, Kementerian PUPR akan meneruskan pembangunan Jalan Tol Seksi 3A-2 Segmen Karangjoang-KKT Kariangau, Jalan Tol Seksi 3B-2 Segmen KKT Kariangau - SP Tempadung, serta pengawasan teknik duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek II.

Pada bagian infrastruktur permukiman, Kementerian PUPR bakal membangun Gedung Wing 2 dan Kawasan Kantor Kementerian PUPR. 

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: