Bertobat dari Dosa yang Pernah Diperbuat, Inilah Rajanya Doa Memohon Ampun

Bertobat dari  Dosa yang Pernah Diperbuat, Inilah Rajanya Doa Memohon Ampun

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Manusia adalah mahluk ciptaan Allah yang tidak pernah luput dari dosa. Tidak ada seseorangpun manusia yang terbebas dari perbuatan melakukan dosa. Tidak terkecuali Nabi sekalipun. Contoh Nabi berbuat dosa ialah Nabi Adam AS, karena sudah melanggar  larangan Allah agar jangan mendekati satu pohon dan memakan buahnya. Namun Adam dan istrinya tergoda rayuan Iblis sampai akhir keduanya terusir dari syurga.

Nabi Adam manusia pertama di bumi, hanya satu kali itulah berbuat dosa, namun terus menerus bertobat kepada Allah SWT. Sampai Allah menerima tobatnya. lantas bagaimana dengan kita manusia biasa ini, yang terus menerus berbuat dosa dan salah. Apakah kita tidak mau bertobat, menyadari kekeliruan kita sampai ajal menjemput. Alangkah celakanya jika semua itu terjadi kita tidak sempat bertobat, tapi maut sudah menjemput. 

Dalam islam dosa itu terdiri dari dua macam, ada dosa besar ada pula dosa kecil. Dosa kecil antara lain, zina mata seperti melihat hal-hal yang dilarang oleh agama.Dosa kecil dapat segera dihapuskan dengan mengucapkan lafaz yang isinya bermohon Ampun kepada Allah SWT. lafaz ini dikenal sebutan lafaz istigfar.

BACA JUGA:Doa Agar Sembuh dari Penyakit Berdasarkan Alquran dan Hadist Nabi Muhammad SAW

BACA JUGA:Bacaan Doa Tahiyat Awal dan Akhir Lengkap Arab, Latin, serta Artinya, Rukun Shalat yang Wajid Dilafalkan

Berikut lafaz memohon ampun kepada Allah SWT (istigfar) karena berbuat dosa yang tidak disengaja.

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ

Astagfirullahal 'adziim

Artinya : Aku Memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung.

Lafaz istigfar ini, sangat mudah mengucapkannya, namun memiliki efek yang luar biasa, semua dosa-dosa kecil kita yang kita ketahui maupun tidak bisa segera terhapuskan jika kita selalu mengucapkan istigfar lebih-lebih setelah mengerjakan salat, mengerjakan amal kebajikan lain seperti bersedekah. 

Lafaz istigfar ini, boleh diucapkan kapan saja dan dimana saja, asalkan tempat itu tempat yang baik dan suci. Kita dilarang mengucapkan istigfar saat berada di kamar mandi kecuali mengucapkannya di dalam hati. Tempat yang paling baik mengucapkan doa tobat berupa istigfar ini adalah di dalam Masjid selepas mengerjakan salat fardu.

BACA JUGA:Doa Mustajab dari Rasulullah SAW Untuk Ummat Sebelum Memulai Bekerja, Amalkan Lafaznya Pendek Mudah dihafal

BACA JUGA:7 Cara Agar Didoakan Malaikat Pembawa Rezeki

Rasulullah SAW sebagai suri tauladan ummat, yang sudah dijamin maksum alias terbebas dari dosa, namun beliau dalam sehari selalu beristigfar minimal  70 kali .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: