Mengenal PT Bumi Resources, Perusahaan Tambang Top Tanah Air, Milik Bakrie Grup dan Salim Grup

Mengenal  PT Bumi Resources, Perusahaan Tambang Top Tanah Air, Milik Bakrie Grup dan Salim Grup

JAKARTA, RADARPENA,CO.ID.  Bakrie Bumi Resources merupakan sebuah perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) yang sahamnya dikuasai oleh Keluarga Aburizal Bakrie dalam Bakrie Grup dan Salim Grup. 

Perusahaan ini cukup kuat di Tanah Air dan sudah menjadi perusahaan Global di dunia. Perusahaan yang cukup baik dalam memberikan masukan untuk  negara dalam bentuk devisa maupun pajak ini dan sudah melantai di lantai Bursa dengan kode emiten IDX : BUMI. PT. Bumi Resources  fokus sebagai perusahaan kepada produk pertambangan Batu Bara terbesar di Indonesia, serta kualitas produk-produknya terutama batubara sangat diminati oleh negara-negara dunia karena kualitasnya yang baik.

Owner utama dari Perusahaan ini adalah Putra daerah dari Sumatera tepatnya dari provinsi Lampung. H. Aburizal Bakrie. Sosoknya dkenal luas oleh masyarakat Indonesia, terutama orang-orang lampung yang ada di Indonesia dan orang Indonesia pada umumnya.

BACA JUGA:Diburu Kolektor, Berikut Deretan Uang Kuno Super Langka dengan Tawaran Harga Tinggi

Selain piawai dalam kegiatan bisnis H. Aburizal Bakrie juga piawai dalam dunia Politik. Sosoknya pernah menjadi Ketua Umum Pusat Partai berlambang Pohon Beringin yakni Partai Golkar. Aburizal Bakrie juga sukses dalam mengembangkan bisnis media, baik televisi maupun dunia media cyber. 

Kontribusi Perusahaan Bakri grup dan Salim grup ini untuk  negara sudah teruji, melalui serapan tenaga kerja yang mereka pekerjakan dan umumnya menggunakan tenaga lokal yang berasal dari Indonesia.

BACA JUGA:Soal Kasus Suap Wamenkumham, Ini Katebelece Eddy Hiariej untuk Pengusaha Tambang: 'Tolong Bantu Juga untuk ... '

Juga tentu tidak ketinggalan dari pajak-pajak perusahaan yang mereka setorkan untuk  negara juga sudah terbilang tidak sedikit.

Kemudian juga, perusahaan ini, komit kepada pengendalian lingkungan yang tetap harus ramah dan tidak merusak alam sekitar saat melakukan ekplorasi alam yang berada disekitar kawasan tambang. Termasuk kegiatan -kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilakukan perusahaan untuk  kepentingan sosial. 

Sebelum bernama PT. Bumi Resources  perusahaan ini bernama PT. Bumi Modern, didirikan pada tanggal 26 Juni 1973. Awal usaha dari perusahaan tersebut adalah mendirikan dan menjadi pengelola Hotel Bumi Hyatt Surabaya yang kini berubah nama menjadi Hotel Bumi Surabaya.

Hotel Bumi Surabaya adalah Hotel pertama bintang lima di Provinsi Jawa Timur dan berada di Kota Surabaya. Pembangunannya dimulai pada Agustus 1976 dan dinyatakan selesai dan mulai dioperasikan atau difungsikan pada tanggal 16 Desember 1979.

BACA JUGA:Jelang Akhir 2023, OJK Mencabut Izin Usaha 4 Perusahaan Asuransi di Indonesia, Terkini Asuransi Aspan

Setelah perjalanan waktu demi waktu, tantangan demi tantangan sukses dilalui PT Bumi Modern dan perusahaan inipun sempat mengalami pasang surut. Berbagai perisrtiwa penting dan menarik melingkupi liku-liku jalannya perusahaan. Akhirnya pada tanggal 22 Desember 2000, nama PT. Bumi Modern Tbk resmi berganti menjadi PT. Bumi Resources. 

Sejarah berikutnya adalah pada Oktober 2001 Bakrie sebagai pemilik saham mayoritas perusahaan mengejutkan banyak pihak dengan mengakuisisi PT Arutmin Indonesia yang bergerak dibidang bisnis pertambangan Batubara dengan nilai US$ 185 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: