Aprindo Minta TikTok Shop Gandeng UMKM jika Kembali Buka di Indonesia

Aprindo Minta TikTok Shop Gandeng UMKM jika Kembali Buka di Indonesia

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Ketum Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengatakan pada TikTok Shop jika hadir kembali untuk menggandeng Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) jika kembali beroperasi di Indonesia.

Roy berharap, harga produk yang nantinya akan dijual di TikTok Shop tidak bersaing jauh dengan UMKM.

Jika tidak, maka hal ini akan memicu persaingan.

“Harus ada komitmen untuk menjaga UMKM karena sedang diupayakan untuk naik kelas,” ungkap Roy, pada Jumat 1 Desember 2023.

Roy Berharap, produk baru yang diluncurkan dari TikTok Shop hanya percaya pada UMKM. Jika tidak, hal ini mungkin merupakan sebuah tantangan, atau penargetan yang tidak dapat dilakukan.

BACA JUGA:

“Produk hanya tersedia dari UMKM. Ini perlu dihindari,” ujarnya.

Selain itu, Roy berharap pemerintah dapat membuka pabrik untuk memfasilitasi produk tertentu agar investor bisa berinvestasi.

“Kita berharap agar proses investasi masuk. Produk khas yang dirancang oleh produsen memiliki banyak keunggulan yang dikembangkan oleh startup yang membutuhkan investasi. Tidak ada yang lain di media sosial kecuali dari sektor ini yang benar-benar baru," pungkasnya.

ByteDance Ltd, pemilik TikTok, telah sepakat berinvestasi pada di unit usaha PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sekaligus menjalin kemitraan dalam layanan belanja online.

Hal ini mengawali kerja sama e-commerce internasional dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu, demikian dilansir Bloomberg pada Selasa 5 Desember 2023.

ByteDance, perusahaan Tiongkok yang mengembangkan aplikasi media sosial berbasis video pendek dengan format vertikal, dikabarkan telah setuju untuk bekerja sama dengan Tokopedia dalam beberapa segmen bisnis.

BACA JUGA:

Menurut sumber yang mengetahui perjanjian tersebut, keduanya tidak lagi bersaing secara langsung di platform Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: