Simple dan Praktis, Ini Resep Hojicha Latte Ala Rumahan

Simple dan Praktis, Ini Resep Hojicha Latte Ala Rumahan

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID  - Hojicha latte adalah jenis teh Jepang yang populer dikonsumsi masyarakat Jepang sebelum beraktivitas di pagi hari. Teh ini memiliki kadar kandungan kafein rendah yang disinyalir mampu meningkatkan tenaga dan mood saat diminum.

Sayangnya jenis teh ini masih belum begitu populer di Indonesia. Memang, bagi penyuka teh mungkin sudah akrab dengan varian teh ini, tapi bagi orang awam jenis teh ini masih asing, bahkan bisa saja mereka tidak sadar telah mengonsumsi teh hojicha.

Hojicha sendiri merupakan golongan teh hijau. Hanya saja, warna daunnya lebih cokelat kemerahan. Untuk menghilangkan rasa pahitnya, daun teh tersebut dipanggang. Berkat proses pemanggangan , aromanya menjadi semakin kuat dan warnanya menjadi lebih gelap.

Ada beberapa hal yang membedakan hojicha dengan teh hijau lainnya. Hojicha itu sendiri memiliki kandungan kafein yang lebih rendah. 

Setiap 100 gram hojicha hanya menyimpan 0,13 gram kafein, sedangkan pada matcha ada sekitar 3,2 gram kafein per 100 gramnya. 

Selain itu, hojicha juga memiliki rasa asap (smoky), sedangkan matcha tidak. Jika ditambahkan susu dan menjadi segelas latte, rasanya sangat khas dan lezat.

BACA JUGA:Resep Teh Jahe Lemon yang Berkhasiat untuk Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

BACA JUGA:Bisa Cegah Kehamilan, Inilah Manfaat Teh Bunga Kertas

Perlu diketahui ada delapan manfaat hojicha yang bisa Anda rasakan jika dikonsumsi secara rutin. Bahkan beberapa di antaranya bisa langsung terasa di sekali minum. Manfaat Hojicha yang perlu diketahui:

1. Ideal untuk yang Sensitif terhadap Kafein

Teh hijau dengan warna kecokelatan ini baik dikonsumsi orang-orang yang sensitif terhadap kafein, seperti anak-anak dan lansia. Ini karena risiko sakit kepala, kecemasan, atau ulu hati sakit akibat kafein berlebih dapat dihindari.

2. Meredakan Stres 

Seperti kebanyakan teh lainnya, hojicha juga dapat memberikan sensasi relaks. Efek tersebut bisa ada berkat kehadiran senyawa L-Theanine yang merupakan asam amino pereda gejala stres, depresi, dan kecemasan. 

3. Menyehatkan Kulit dan Membuat Awet Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: