Waspada Kenali 4 macam Gejala Kanker Paru, Selain Batuk Berdarah

Waspada Kenali 4 macam Gejala Kanker Paru, Selain Batuk Berdarah

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Kanker paru-paru adalah penyakit jenis kanker yang tumbuh di organ paru-paru. penyakit ini memiliki tingkatan-tingkat atau istilahnya stadium. terdapat tingkatan stadium mulai dari stadium satu sampai stadium empat sebagai tingkatan yang paling parah 

Seseorang jika sudah mengidap penyakit ini, lebih-lebih telah divonis stadium empat (4)  akan menampakkan tanda-tandanya. Tanda-tanda tersebut ialah batuk berdarah atau saat batuk disertai dengan keluarnya darah dari mulut.

Yang lebih menyedihkan adalah, orang yang sudah divonis mengidap kanker paru stadium lanjut atau jika sudah ditetapkan pada level stadium empat (4) punya rata-rata harapan hidup yang cukup singkat, hanya di antara 6 bulan sampai 1 tahun, jika tidak mendapat pengobatan yang sangat-sangat intensif. Penyakit ini sangat berbahaya, seseorang yang terkena apalagi level 4, harapan hidupnya sangat tipis, dan akibatnya bisa Kejadian meninggal dunia 

Kanker paru-paru ini bisa menyerang pria maupun wanita, namun dominannya pria rentan terkena , karena pemicu awal dari kanker paru adalah merokok. Disebutkan perokok bisa terkena kanker paru, dan yang lebih berbahaya adalah perokok pasif alias orang disekitar yang terpapar asap rokok dalam jangka waktu lama dan terus menerus

Berdasarkan keterangan medis ternyata diketahui batuk darah, bukan satu-satunya gejala-gejala kanker paru stadium empat. Masih terdapat gejala-gejala lain yang patut diketahui sehingga kita harus mewaspadainya.

Gejala-gejala lain seseorang mengidap kanker paru stadium empat adalah sering mengalami batuk-batukBatuk, kemudian sering mengalami sesak nafas, kemudian tadi batu berdarah dan terjadinya nyeri disekitar dada.

Berikut Gejala-gejala Kanker Paru selain mengalami batuk berdarah

1. Batuk-batuk

2. Sesak nafas

3. Nyeri dibagian dada. 

4. Nafas berbunyi 

Seseorang yang mengalami empat macam gejala diatas, patut segera memeriksakan diri ke petugas medis atau ke dokter. Jika pemeriksaan lebih cepat dilakukan, dan mendapat diagnosa yang tepat, maka pengobatan yang cocok  bisa segera diambil.

Penyakit kanker apapun namanya termasuk kanker paru, merupakan penyakit yang bisa digolongkan penyakit ganas, karena perkembangbiakan sel kanker yang cepat, jika kategorinya adalah kanker ganas. Namu harapan untuk  sembuh selalu ada bagi penderita yang sedari awal sudah terdeteksi. 

Kanker paru ini merupakan penyakit yang patut diwaspadai karena tergolong penyakit yang ganas. Baru-baru ini artis senior Indonesia Kiki Fatmala Meninggal dunia Jumat 1 Desember 2023 lalu juga karen akibat komplikasi penyakit kanker paru. Kanker paru bisa terkena dan menyerang sel-sel dinding saluran udara organ paru yang membelah secara tak terkontrol. Kemudian sel itu membentuk suatu masa padat atau disebut dengan tumor. 

Jika hal tersebut dibiarkan tanpa ada penanganan, akan berbahaya sekali dan bisa menjalar dan menyebar menimbulkan penyakit lain antara lain getah bening, kemudian bisa merusa organ paru tulang , otak dan hati karena seiring dengan berkembangnya sel kanker tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: