Mengenal Mycoplasma Pneumoniae, Penyebab Lonjakan Penyakit Misterius di China

Mengenal Mycoplasma Pneumoniae, Penyebab Lonjakan Penyakit Misterius di China

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mycoplasma Pneumoniae adalah sejenis bakteri yang menyebabkan banyak gejala seperti batuk kering, demam, sesak napas ringan saat beraktivitas.

Bakteri Mycoplasma Pneumonia merupakan patogen manusia yang paling dikenal, dan memang ada lebih dari 200 spesies yang berbeda.

Melansir dari laporan epidemiologi saat ini terjadi peningkatan kasus Mycoplasma Pneumoniae di China sebesar 40 persen dan lainnya berupa influenza, SARS COV-2 dan sebagainya.

Mirip dengan situasi ketika COVID-19 pertama kali merebak, rumah sakit di Beijing dilaporkan 'kewalahan' akibat melonjaknya jumlah anak-anak yang menderita demam tinggi dan infeksi paru-paru.

BACA JUGA:

Diketahui, China utara telah melaporkan adanya lonjakan penyakit mirip influenza sejak pertengahan Oktober dibandingkan tiga tahun sebelumnya.

Rata-rata orang yang terkena infeksi pernapasan disebabkan oleh Mycoplasma Pneumoniae dan tidak terlihat mengalami pneumonia.

Itulah kenapa, Mycoplasma Pneumoniae dikenal sebagai pneumonia atipikal dan terkadang disebut pneumonia berjalan.

Mycoplasma Pneumoniae akan menyebar melalui kontak dengan cairan pernapasan, seperti batuk, bersin, kelembaban yang mengandung bakteri Mycoplasma Pneumoniae.

Mycoplasma Pneumoniae biasanya menyebabkan beberapa infeksi ringan namun juga bisa menyebabkan komplikasi parah.

Sehingga penderitanya perlu untuk menjalani perawatan di rumah sakit untuk menghindari infeksi yang jauh lebih parah tersebut.

Terdapat beberapa infeksi Mycoplasma pneumoniae yang menyebabkan hingga memperburuk komplikasi seperti pneumonia serius, serangan asma atau gejala asma baru, ensefalitis (pembengkakan otak), anemia hemolitik, hingga disfungsi ginjal.

BACA JUGA:

Gejala Mycoplasma Pneumoniae

Seseorang yang terinfeksi mycoplasma pneumoniae biasanya menunjukan beberapa gejala yang bersifat ringan. Namun tergantung juga pada jenis infeksinya dan yang paling umum adalah tracheobronchitis (dada dingin) dan berikut adalah beberapa gejala umumnya:

  • Sakit tenggorokan
  • Batuk yang memburuk dan bisa berlangsung selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan
  • Mudah merasa lelah
  • Demam
  • Sakit kepala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: