Terungkap Alasan Gen Z Tinggalkan Google Pilih TikTok
JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hasil penelitian terbaru menemukan bahwa gen Z lebih suka mencari informasi di TikTok bila dibandingkan dengan Google.
Hal tersebut diungkap oleh analis media dan hiburan Kevin Tran lewat Morning Consult. Ia melakukan survei terhadap 2.199 orang Amerika Serikat dari berbagai generasi.
Survei yang dilaksanakannya berlangsung pada 3 hingga 5 Februari 2023, hasilnya menemukan gen Z paling banyak menggunakan TikTok untuk mencari informasi sebesar 14%.
Jumlah tersebut pun jauh berbeda apabila dibandingkan dengan rata-rata penggunaan TikTok generasi lain untuk mencari informasi, yakni hanya 2%.
Di sisi lain, statistik yang dirilis oleh Morning Consult menunjukkan Google masih menjadi platform pencarian yang paling banyak digunakan, yakni dengan rata-rata pengguna 46%.
Selanjutnya, ada pula laman resmi media berita (10%), YouTube (9%), Facebook (9%), Twitter (4%), serta Instagram (2%).
Adapun selain Google dan TikTok, terdapat juga beberapa platform media sosial lainnya yang kerap digunakan untuk mencari berita oleh generasi Z.
Sebut saja Twitter (7%), Facebook (6%), laman resmi media berita (6%), serta Instagram (6%).
BACA JUGA:Makna dan Arti Lagu Taylor Swift, You're Losing Me yang Telah Resmi Rilis di Semua Platform Musik
BACA JUGA:Catat! Inilah Urutan Pemakaian Skincare yang Benar untuk Kulit Wajah Glowing dan Cerah Maksimal
Perilaku tersebut dijelaskan lebih lanjut, bahwa gen Z masih menggunakan penelusuran Google untuk mengumpulkan informasi tentang acara berita besar.
Hanya saja, TikTok adalah tempat mereka mendapat gambaran besar suatu berita serta mencari sisi uniknya lewat video para kreator.
Hal ini pun sesuai dengan minat besar para generasi muda yang menyukai musik, TV, film, hingga makanan.
Sama seperti YouTube, algoritma TikTok merekomendasikan konten yang secara tidak sadar kalian minati.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: