Terungkap Alasan Gen Z Tinggalkan Google Pilih TikTok
Di sisi lain, video dalam platform ini sangat singkat, mayoritasnya hanya berdurasi kurang dari satu menit.
Hal ini pun disukai oleh muda-mudi gen Z yang menyukai sesuatu yang praktis.
Perkembangan TikTok sebenarnya juga sangat terlihat di Indonesia. Mengutip rilis We Are Social 2023, pengguna TikTok mencapai 109,9 juta dengan usia di atas 18 tahun.
Perkembangannya juga sangat besar, sebab data tersebut menunjukkan perkembangan hingga 40 juta pengguna sepanjang Oktober 2022 hingga Januari 2023.
Keunggulan tersebut pun membuat media berita juga telah mulai mengaktifkan akun TikTok mereka.
Sebut saja New York Times hingga The Wall Street Journal. Media berita hiburan E! News juga telah memiliki akun tersendiri di platform tersebut dan mengunggah secara aktif.
BACA JUGA:8 Negara Paling Sulit Dikunjungi Wisatawan di Dunia, Mulai Ketatnya Persyaratan Visa hingga Kriminal
BACA JUGA:Cara Membuat Bonsai dari Bunga Sepatu, Bagaimana Caranya ?
Generasi Pengguna Google
Pengguna Google pada anak muda tercatat mencapai 39 persen. Untuk rentang umur lain, yakni baby boomers (1946-1964), Gen X (1965-1976), dan milenial (1977-1994), masih menjadikan Google sebagai tempatnya mencari informasi.
Google bukan tidak tahu ancaman tersebut. Dalam riset internal Google juga terlihat 40 persen gen Z mencari informasi dari Tiktok dibandingkan Google Search.
Kebanyakan dari mereka mencari informasi terkait rencana liburan, produk skincare, restoran, tempat nongkrong, hingga makanan.
Setengah dari obyek penelitian juga memiliki menggunakan Tiktok dan media sosial Instagram dibandingkan produk Google yakni Search dan Maps.
Salah satu anak muda yang menggunakan TikTok, Anne-Christine (21) menjelaskan generasinya suka melihat informasi dengan format visual.
Anak muda lainnya Talia Magee (24) mengatakan informasi di Tiktok lebih mudah dicari.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: