Mengenal Mobil Hybrid, Mesin Kendaraan yang Gabungkan Dua Sumber Tenaga, Cek Kelebihan dan Kekurangannya

Mengenal Mobil Hybrid, Mesin Kendaraan yang Gabungkan Dua Sumber Tenaga, Cek Kelebihan dan Kekurangannya

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mesin hybrid adalah sebuah mesin yang menggabungkan dua atau lebih sumber tenaga untuk menggerakkan kendaraan.

Salah satu sumber tenaga biasanya adalah bahan bakar fosil (seperti bensin atau diesel), sementara sumber tenaga lainnya adalah sebuah sistem elektrik yang berasal dari baterai. 

Mesin hybrid memungkinkan kendaraan untuk menggunakan salah satu sumber tenaga atau kombinasi kedua sumber tenaga, tergantung pada kebutuhan.

Ini memungkinkan kendaraan untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas rumah kaca, sehingga menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan mesin konvensional.

Sederhananya, hibrida menggabungkan setidaknya satu motor listrik dengan mesin bensin untuk menggerakkan mobil, dan sistemnya menangkap kembali energi melalui pengereman regeneratif. 

BACA JUGA:

Terkadang motor listrik melakukan semua pekerjaan, terkadang mesin bensin, dan terkadang bekerja sama.

Hasilnya adalah lebih sedikit bensin yang terbakar dan, oleh karena itu, penghematan bahan bakar lebih baik. Menambahkan tenaga listrik bahkan dapat mendongkrak performa dalam hal tertentu.

Dengan semua itu, listrik berasal dari paket baterai bertegangan tinggi (terpisah dari baterai 12 volt konvensional mobil) yang diisi ulang dengan menangkap energi dari perlambatan yang biasanya hilang karena panas yang dihasilkan oleh rem pada mobil konvensional. (Ini terjadi melalui sistem pengereman regeneratif).

Hibrida juga menggunakan mesin bensin untuk mengisi dan memelihara baterai. Perusahaan mobil menggunakan desain hybrid yang berbeda untuk menyelesaikan misi yang berbeda, mulai dari penghematan bahan bakar maksimum hingga menjaga biaya kendaraan serendah mungkin.

BACA JUGA:

Jenis Kendaraan Hybrid

Berikut terdapat beberapa jenis kendaraan dengan teknologi Hybrid yang biasa digunakan:

1. Parallel Hybrid

Dalam desain yang paling umum ini, motor listrik dan mesin bensin dihubungkan dalam transmisi umum yang memadukan dua sumber tenaga. Transmisi itu bisa otomatis, manual, atau continuously variable transmission (CVT).

Salah satu transmisi hybrid yang sangat populer adalah power-split CVT, yang digunakan oleh Toyota Prius dan Chevrolet Volt. Jenis transmisi dan ukuran mesin bensin adalah faktor utama yang menentukan bagaimana hibrida paralel akan berakselerasi, terdengar, dan terasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: