Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia, Lulus Langsung Jadi PNS, Cek Selengkapnya di Sini!

Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia, Lulus Langsung Jadi PNS, Cek Selengkapnya di Sini!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sekolah tinggi kedinasan adalah perguruan tinggi yang dikelola lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Pilihan bidangnya beragam, mulai dari keuangan, pemerintahan, statistika, hingga transportasi.

Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi jenjang vokasi atau sarjana yang dikelola oleh kementerian maupun lembaga nasional lainnya. 

Tujuan dari pembentukannya supaya menghasilkan lulusan siap kerja yang terampil dan memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan instansi pemerintahan maupun pasar dunia kerja secara umum. 

Proses penerimaan siswa sekolah kedinasan melibatkan seleksi ketat seperti tes tertulis, fisik, psikologi, dan wawancara.

BACA JUGA:

Setelah diterima, siswa menjalani program pelatihan yang mencakup pengetahuan teoritis, keterampilan praktis, dan pembentukan karakter sesuai tanggung jawab yang akan mereka emban.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan daftar sekolah kedinasan yang ada di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan studi setelah lulus SMA. Simak dibawah ini!

IPDN  

IPDN adalah Institut Permerintah Dalam Negeri dan berada di bawah Kementerian Dalam Negeri. Kampusnya tersebar di beberapa daerah di Indonesia, antara lain yaitu Jakarta, Sumbar, Sulsel, Sulut, NTB, Papua, Kalbar dan Riau.  Jika tertarik, ada dua fakultas yang disediakan, yakni:

  1. Fakultas Politik Pemerintahan: Program Studi Kebijakan Pemerintahan dan Program Studi Politik Pemerintahan 
  2. Fakultas Manajemen Pemerintahan: Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia, Program Studi Manajemen Keuangan, Program Studi Manajemen Pembangunan, Program Studi Manajemen Pemerintahan, dan Program Studi Kebijakan Pemerintahan. 

 

Politeknik Keuangan Negara (PKN

STAN Salah satu sekolah dengan ikatan dinas favorit para siswa adalah PKN STAN. Sekolah kedinasan milik Kementerian Keuangan ini tidak mensyaratkan syarat fisik saat mendaftar. Selain itu dalam tahapan seleksi juga tidak ada tes fisik. Soal prospek kerja, jangan diragukan lagi karena lulusan PKN STAN tentu bisa langsung diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di sejumlah perkantoran di lingkungan Kemenkeu.

 

STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

STIN adalah Sekolah Tinggi Intelijen Negara di bawah naungan Badan Intelijen Negara. Tujuan STIN adalah menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang intelijen dan dapat menyelenggarakan pendidikan profesi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sekolah kedinasan ini membuka program S1 dengan dua jurusan yaitu Agen Intelijen dan Analisis Intelijen.

 

Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat (SESKOAD)

Lulusan sekolah kedinasan staf dan komando TNI angkatan darat atau SESKOAD dapat langsung bekerja sebagai perwira staf dan komando di TNI Angkatan Darat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: