Terungkap Alasan Israel Tanpa Pandang Bulu Menyerang Rumah Sakit Indonesia

Terungkap Alasan Israel Tanpa Pandang Bulu Menyerang Rumah Sakit Indonesia

Sepanjang perang, militer Israel menargetkan sejumlah ambulan dan fasilitas medis di Tepi Barat dan Gaza dengan alasan para pejuang Hamas menggunakan fasilitas itu untuk berlindung dan beroperasi. Namun sejauh ini Israel tidak bisa memberikan bukti tuduhan itu. Israel menyerang rumah sakit karena bisa melenggang tanpa hukuman, kata Trita Parsi, wakil presiden eksekutif di Quincy Institute for Responsible Statecraft yang berbasis di Washington.

“Satu-satunya pengawasan dan batasan yang penting adalah yang datang dari Amerika Serikat,” kata Parsi kepada Al Jazeera.

“Perhitungan Israel adalah bahwa kemarahan internasional tidak menjadi masalah selama Amerika Serikat menolak membatasi tindakan Israel,” tambahnya.

Tanpa tekanan dari Amerika Serikat, ditambah pemerintahan sayap kanan yang paling ekstrem, bahkan dalam sejarah Israel, negara itu mengambil kesempatan untuk melakukan banyak hal yang tidak dapat mereka lakukan," terang Parsi.

Namun, seiring dengan berlanjutnya perang, AS mungkin terpaksa mendesak sekutunya untuk mengurangi keganasan serangannya, seiring dengan menurunnya citra AS di seluruh dunia.

“Kedudukan dan kredibilitas AS di dunia anjlok akibat lampu hijau bagi tindakan Israel semacam ini,” kata Parsi.

“Mungkin saja hal ini tidak akan berlanjut lebih lama lagi, karena kerugian yang ditimbulkan oleh hal ini terhadap Amerika Serikat tidak dapat ditoleransi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: