Singapura Resmi Gunakan QRIS Sebagai Transaksi Rupiah, Begini Cara Pakainya!

Singapura Resmi Gunakan QRIS Sebagai Transaksi Rupiah, Begini Cara Pakainya!

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Peluncuran QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) antarnegara memperluas penggunaan QRIS antarnegara di beberapa wilayah negara ASEAN sebagai upaya mengurangi ketergantungan pada mata uang utama. 

Melalui QRIS antarnegara, pengguna tidak perlu menukarkan rupiah ke uang lokal negara tujuan. Sistem ini akan secara otomatis mengubah kurs rupiah menjadi uang lokal tanpa perantara dollar Amerika Serikat pada saat bertransaksi secara langsung. 

Hal ini juga diharapkan mampu mempermudah WNI yang ingin berkunjung ke luar negeri dan WNA yang sedang berlibur di Indonesia. 

"Bukan hanya memudahkan para wisatawan Indonesia yang sedang bertransaksi di Singapura, para pelaku usaha di Indonesia juga semakin diuntungkan karena transaksi turis Singapura di Indonesia juga semakin lancar dan mudah!," tulis Bank Indonesia dalam Instagram resminya @bank_indonesia, pada Senin, 20 November 2023.

BACA JUGA:

Fitur QR antarnegara perluasan keuangan digital oleh Bank Indonesia. Selain Singapura, QRIS antar negara juga dapat digunakan di Malaysia dan Pilipina.

Metode pembacaaan berbasis QR ini bertujuan untuk mewujudkan pembayaran yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif.

Perry Warjiyo, selaku Gubernur Bank Indonesia menyebutkan pembayaran dengan QRIS antar Indonesia dan Singapura dapat memfasilitasi perdagangan antarnegara, khususnya UMKM, serta dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata.

Berikut cara menggunakan QRIS di Singapura:

  1. Terlebih dulu kamu harus mengunduh aplikasi perbankan atau jasa keuangan.
  2. Buka aplikasi pembayaran dan klik menu “Scan QRIS".
  3. Masukkan jumlah nominal yang harus dibayar atau ditransfer, dalam mata uang negara asal, Misalnya S$ 10.
  4. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam rupiah (otomatis sudah terkonversi, misal dari S$10 akan  otomatis menjadi Rp 10.000).
  5. Masukkan PIN, kamu akan menerima notifikasi bahwa transaksi berhasil dilakukan.
  6. Pembayaran dengan QRIS antarnegara selesai dilakukan.  

BACA JUGA:

Pasalnya, inisiatif ini juga akan menguntungkan wisatawan kedua negara karena seiring kembali meningkatnya pariwisata pascapandemi.

Pada paruh pertama 2023, terdapat 600.000 kedatangan dari Singapura ke Indonesia, dan 1,1 juta wisatawan dari Indonesia ke Singapura. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: