Segini Biaya Pasang Panel Tenaga Surya di Rumah, Bikin Hemat Biaya Listrik

Segini Biaya Pasang Panel Tenaga Surya di Rumah, Bikin Hemat Biaya Listrik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Memasang panel surya untuk kebutuhan energi listrik yang ramah lingkungan memang menarik, namun seringkali masyarakat mempertanyakan harga panel surya tersebut.

Sebab, harga yang ditawarkan berkaitan dengan manfaat yang didapat dari pemasangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sekaligus bagaimana bisa berdampak pada penghematan biaya listrik setiap bulan.

Seiring pertumbuhan industri yang semakin membaik, biaya pemasangan panel surya kini semakin terjangkau. Sebab, sudah makin banyak pabrik panel solar yang dibangun di Indonesia.

BACA JUGA:

Dengan semakin bertebarannya pabrik panel surya di Indonesia, maka harga panel surya bisa ditekan semurah mungkin agar semakin banyak orang yang beralih ke energi yang ramah lingkungan dan terbarukan.

Kendati begitu, ada beberapa faktor yang menyebabkan biaya panel surya ini bisa berbeda-beda. Anda harus memahami perbedaan harga panel surya untuk kebutuhan rumah tangga Anda agar pemasangannya bisa tepat sesuai yang dibutuhkan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan harga tersebut diantaranya yaitu merek panel surya yang digunakan, adanya program insentif dari pemerintah, lokasi pemasangan PLTS, jenis sistem panel surya, kapasitas daya pembangkit listrik tenaga surya yang dipasang, dan biaya pengiriman.

Lalu, bagaimana cara memilih dan berapa harga panel surya untuk dapat memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga dengan cukup? Simak ulasan pada artikel ini.

Cara Memilih Panel Surya

Dalam memilih panel surya yang tepat Anda perlu memahami tentang kebutuhan energi listrik di rumah Anda, seperti spesifikasi teknis panel surya, dan beberapa faktor lainnya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memilih panel surya yang sesuai:

  • Hitunglah jumlah energi yang diperlukan setiap bulan atau setahun untuk memenuhi kebutuhan listrik dirumah Anda. Ini akan membantu menentukan ukuran sistem panel surya yang dibutuhkan.
  • Periksa kondisi lingkungan di lokasi Anda, termasuk intensitas cahaya matahari, sudut penempatan panel surya, dan kemungkinan adanya bayangan yang dapat mempengaruhi efisiensi sistem.
  • Pahami spesifikasi teknis panel surya, seperti daya keluaran panel surya (dinyatakan dalam watt peak), efisiensi panel (proses mengubah energi matahari menjadi listrik), dan toleransi daya (seberapa akurat daya keluaran panel surya.
  • Tinjau merek dan kualitas panel surya dan pastikan memilih panel surya yang tahan lama dan teruji kehandalannya.
  • Bandingkan harga dari berbagai pemasok dan perhatikan juga jaminan yang ditawarkan.

Konsultasikan dengan profesional untuk membantu menentukan sistem panel surya yang paling sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan Anda.

BACA JUGA:

Biaya Pemasangan Panel Surya di Rumah

Dalam keterangan yang didapatkan dari Sun Terra, berikut ini penawaran harga yang diberikan untuk pemasangan panel surya 1kWp hingga 3kWp untuk dirumah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: