Keaslian Ijazah Gibran Rakabuming Dipertanyakan, Pakar Ahli Ungkap Fakta Pendidikan Cawapres Prabowo

Keaslian Ijazah Gibran Rakabuming Dipertanyakan, Pakar Ahli Ungkap Fakta Pendidikan Cawapres Prabowo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Belum selesai kontroversi putusan MK yang membuat Gibran Rakabuming Raka maju di Pilpres 2024 sebagai cawapres pendamping Prabowo, kini muncul isu terkait latar pendidikan anak Presiden Jokowi itu.

Sebelum menjabat sebagai Wali Kota Solo dan kini berpasangan dengan Prabowo bertarung di Pilpres 2024, Gibran dikenal sebagai seorang pengusaha di bidang katering. Salah satu usaha kuliner Gibran yang terbilang sukses bahkan sempat viral yakni Markobar.

Di awal kariernya sebagai seorang pengusaha, Gibran memilih usaha katering lantaran sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

BACA JUGA:

Beredar luas informasi jika Gibran merupakan lulusan sarjana di University of Technology Sydney Insearch, Australia pada 2010 lalu.

Namun belakangan, status sarjana Gibran di University of Technology Sydney Insearch dipertanyakan.

Belakangan ini yang menjadi sorotan dan pembahasan bahwa Gibran bukan lulusan S1 di University of Technology Sydney Insearch tetapi hanya kursus setingkat D1.

Tapi setelah informasi itu beredar, kembali muncul informasi baru terkait latar pendidikan Gibran Rakabuming Raka. Ternyata Gibran merupakan lulusan sarjana salah satu kampus ternama di Inggris.

Menanggapai hal tersebut, beberapa para ahli memberi komentar soal kebenaran ijasah Gibran Rakabuming Raka yang kini sedang jadi sorotan

Tanggapan Dr Tifa

Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto, dihadapkan pada tuduhan bahwa gelarnya saat menjalani pendidikan di Insearch di University of Technology Sydney (UTS), Sydney, Australia, bukanlah gelar sarjana.

Dr. Tifa, seorang doktor dan aktivis, mengungkapkan bahwa Gibran tidak memperoleh gelar strata 1 (S1) dari UTS, melainkan hanya menyelesaikan kursus atas setingkat D1. Hal ini diungkapkan melalui status Twitternya pada Kamis (16/11/2023).

“Bran @gibran_tweet Ijazah kursusmu seka Insearch UTS endi coba tak delok. Insearch sak ngertiku artine program utowo kursus utk persiapan masuk UTS. Upamane ngetokke ijazah, levele mung D1 alias kursus. Dadi sak jane kowe ki nang Australi kuliah opo ming kursus tow?” tulis Dr Tifa.

Pertanyaan tersebut langsung direspons oleh Gibran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: