8 Tanaman Pengusir Tikus dari Halaman Rumah Apa Saja? Cek di Sini

8 Tanaman Pengusir Tikus dari Halaman Rumah Apa Saja? Cek di Sini

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tikus adalah hewan pengerat yang dibenci oleh penghuni rumah. Tikus melalui giginya yang tajam bisa merusak barang-barang di rumah tangga. 

Selain itu tikus bisa membawa bibit-bibit penyakit, seperti penyakit pes, kalau keberadaanya merusak makanan minuman yang tidak tertutup. Kotoran tikus juga berbahaya, untuk  kesehatan serta mengeluarkan bau tidak sedap.

Penghuni menggunakan racun atau lem tikus untuk  memusnahkan dan menjebak tikus. Tetapi cara ini tidak aman, untuk  kesehatan, seandainya tikus mati atau terjebak dilem yang tidak diketahui lokasinya. Oleh karena itu perlu dipergunakan cara lain yang lebih aman, mudah dan tidak harus mengeluarkan biaya. 

Jika kita jeli ternyata alam sekitar lingkungan kita sudah menyiapkan dan menyediakan semuanya untuk  kebutuhan kita termasuk untuk  mencegah dan mengusir tikus yang menggangu dan merusak barang-barang yang ada dirumah.

BACA JUGA:

Cara yang paling mudah adalah dengan memilih tanaman-tanaman yang ditakuti oleh tikus karena aromanya atau karena kandungan zat yang terdapat di dalamnya membuat tikus pingsan atau hingga bisa membuat tikus mati 

Berikut tanam-tanaman yang bisa mencegah tikus masuk ke dalam rumah

1. Bawang Putih

Menanam Bawang Putih di halaman rumah, ampuh untuk  mengusir tikus masuk ke dalam rumah. Tanaman bawang putih mengandung senyawa yang mengeluarkan bau dan tidak disukai tikus. Tikus akan menjauh jika mencium aroma tanaman bawang putih yang menyengat itu. Aroma Bawang Putih cukup menyengat sekali dan itu semua tidak disenangi oleh tikus

2. Tomat

Tanaman tomat , selain berguna sebagai bahan memasak gulai atau sayuran ternyata juga ampuh mengusir tikus , dan mencegahnya enggan masuk ke dalam rumah. Hewan pengerat ini, juga tidak menyukai tanaman tomat, sehingga dapat ditanam di halaman rumah , mencegah dan menolak tikus masuk ke dalam rumah.

BACA JUGA:

3. Rosemary

Tanaman rosemary, bisa berfungsi ganda, selain dipergunakan sebagai tanaman hias, mempercantik halaman rumah atau ruangan rumah ada, ternyata dapat juga diandalkan untuk  mencegah dan mengusir tikus menjauh dari rumah. Aroma daun tanaman Rosemary mengeluarkan bau khas yang tidak disenangi tikus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: