6 Kiat Hidup Sehat di Masa Lanjut Usia Agar selalu Fiti dan Bugar, Simak Apa Saja

6 Kiat Hidup Sehat di Masa Lanjut Usia Agar selalu Fiti dan Bugar, Simak Apa Saja

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -lanjut Usia (lansia) biasanya identik dengan kualitas kesehatan yang menurun. Namun itu semua bisa dihindari jika si Lansia mampu menjaga kesehatannnya. 

Cara lansia menjaga kesehatan sudah tentu berbeda dengan cara usia muda. Alasan utamanya adalah karena Lansia beberapa anggota tubuh dan organ-organ tubuh sudah mulai mengalami penurunan fungsi.

Mencapai usia lanjut (lansia) bagi seseorang adalah merupakan karunia yang sangat besar dari Tuhan. Lebih lebih saat menjalani masa Lansia, badan tetap fit dan sehat. 

Badan yang fit dan tubuh yang sehat, semua itu bisa diperoleh, jika si lansia memperhatikan tips-tips menjaga kesehatan di usia lanjut.

BACA JUGA:

Berikut tips-tips Lansia agar tetap fit dan sehat di masa tua

1. Menjaga pola makan seha.

Pola makan adalah tata cara makan yang memenuhi syarat atau standar kesehatan. Prinsipnya makanlah saat perut dalam keadaan lapar, dan berhentilah sebelum kenyang.

Artinya dilarang makan secara berlebihan alias, makan tidak lagi mengenal waktu. Saat ada waktu senggang justru diisi dengan kegiatan makan, baik makan besar atau cemilan-cemilan. d

Makan yang berlebihan dan terus menerus sejatinya tidak baik untuk  lambung, karena harus bekerja terus menerus tanpa ada istirahat.

Selain itu pola makan sehat harus diperhatikan, seperti sudah menghindari makanan-makanan yang berkolesterol tinggi, atau berkadar lemak tinggi. Perbanyak makan buah dan sayur, perbanyak makanan berserat tinggi serta mengkonsumsi susu rendah kalori.

BACA JUGA:

2. Tetap aktif bergerak

Saat sudah memasuki usia lansia, upayakan tubuh selalu aktif bergerak. Mengisi waktu senggang dengan berolahraga atau melakukan aktifitas ringan dirumah juga cukup membantu, seperti beternak, mengurus kebun atau pekarangan rumah, membersihkan alat-alat dirumah, juga sebagai kegiatan yang ringan, mudah dilakukan dan tidak mengeluarkan biaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: