Berikut 10 Tanda Awal Gagal Ginjal yang Perlu Kamu Ketahui, Sayangi Organ Anda Untuk Hidup yang Lebih Sempurna

Berikut 10 Tanda Awal Gagal Ginjal yang Perlu Kamu Ketahui, Sayangi Organ Anda Untuk Hidup yang Lebih Sempurna

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Seperti yang diketahui Gagal ginjal, juga dikenal sebagai penyakit ginjal kronis (PGK) atau penyakit ginjal stadium akhir (PGSA), merupakan kondisi medis serius di mana ginjal kehilangan dalam kemampuannya untuk menjalankan fungsi-fungsi utamanya secara efisien. 

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang berperan dalam menyaring darah, menghilangkan limbah, mengatur tekanan darah, dan menjaga keseimbangan elektrolit. 

Ketika ginjal mengalami kerusakan parah dan tidak dapat berfungsi dengan baik, kondisi ini dikenal sebagai gagal ginjal.

Gejala gagal ginjal seringkali jadi secara perlahan dan bisa tidak terdeteksi bertandang yang lebih parah.

BACA JUGA:

Di bawah ini merupakan 10 tanda gagal ginjal yang perlu di ketahui

1. menurunya kualitas urin

Menurunya kualitas urin merupakan tanda paling awal gagal ginjal seperti perubahan jumlah, warna, dan frekuensi.

Jika urin mengalami penurunan produksi atau urin berwana gelap selain itu, urin anda mungkin terlihat berbusa. itu mungkin saja merupakan tanda awal gagl ginjal.

2. Pembengkakan (Edema)

Tanda berikutnya adalah penumpukan criran dalam tubuh, yang dapat mengakibatkan pembengkakan pada tangan, kaki, wajah atau area tubuh lainya dan pembengkakan ini disebut edema.

3. kelelahan dan kelemahan 

Tanda gagal ginjal berikutnya seringkali menyebabkan kelelahan yang berlbihan, penurunan energi dan kelemahan umum yang berdampak pada aktifitas anda sehari-hari.

4. Masalah Pencernaan  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: