11 Manfaat Daun Wungu Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Pahami

11 Manfaat Daun Wungu Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Pahami

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Daun Wungu atau daun Ungu dikenal sejak lama sebagai salah satu obat herbal warisan Nusantara.

Daun Ungu atau dikenal dengan nama Latin Graptophyllum pictum , sudah lama di ketahui mampu mengobati wasir (ambeien).

Kandungan yang ada pada daun Ungu terdiri dari berbagai zat dengan sifat antioksidan dan antiradang, seperti steroid, flavonoid, alkaloid, dan tannin. Hal ini yang menjadi sebab obat herbal ini dipercaya dapat mengurangi peradangan pada wasir sehingga meredakan nyeri maupun bengkak.

Daun ungu mempunyai beragam nama di setiap daerah di tanah air, seperti ada yang mengenalnya dengan julukan demung, wungu (Jawa), handeuleum (Sunda), dan banyak lagi.

Diketahui bahwa tanaman ini berasal dari Papua Nugini dan Polinesia. Bahkan sudah banyak dibudidayakan di perkarangan rumah sebagai apotek hidup.

BACA JUGA:

Daun ungu bisa ditemukan di dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.250 MDPL. Terdapat tiga varietas dari handeuleum, yakni berdaun ungu, berdaun hijau dan belang-belang putih. Namun varietas yang digunakan sebagai obat herbal adalah varietas berdaun ungu.

Bahkan selain di kenal dapat mengatasi wasir ternyata daun Ungu juga di percaya mampu mengatasi dan menyembuhkan berbagai macam penyakit lainnya.

Di kutip dari berbagai sumber berikut manfaat daun Ungu untuk mengatasi berbagai penyakit dan berkhasiat bagi kesehatan.

1.  Mengatasi Wasir (Ambeien)

Khasiat daun ungu bagi kesehatan yang terkenal adalah membantu meredakan gejala wasir. Hal ini karena kandungan bahan aktif dari daun ungu, di antaranya yaitu flavonoid, steroid, saponin, tanin, dan alkaloid.

Kandungan senyawa di dalam daun ungu relatif memiliki risiko efek samping negatif. Selain itu berkat kandungan antiinflamasi dan analgesik dari daun ungu akan menurunkan rasa nyeri di tubuh.

Efek samping yang ditimbulkan bersifat ringan, seperti demam, gatal, anemia, nafsu makan menurun, sulit tidur. Sebagai pencegahan atau antisipasi, Anda bisa berkonsultasi dahulu dengan pihak medis sebelum rutin mengonsumsi.

2.  Mengatasi Rematik

Khasiat daun ungu bagi kesehatan selanjutnya, mampu mengatasi rematik. Gangguan rematik atau rheumatoid termasuk memengaruhi otot, sendi dan tulang, yang mengalami peradangan dan pembengkakkan.

Peradangan kronik dan rasa nyeri yang hebat di sendi tersebut akibat diserang oleh sistem imun pengidap rheumatoid. Daun ungu dipercaya mampu mengatasi penyakit rematik. Tumbuk daun ungu, lalu oleskan pada sendi yang terasa sakit.

3.  Mengobati Bisul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: