Cara Merebus Pisang Kepok Agar Tidak Menghitam, Ikuti Tipsnya di Sini

Cara Merebus Pisang Kepok Agar Tidak Menghitam,  Ikuti Tipsnya di Sini

JAKARTA,RADARPENA.FIN.CO.ID - Pisang kepok yang memiliki tekstur tebal dan padat, sangat enak rasanya jika direbus hingga matang bersama dengan kulitnya.

Menyatapnya pun panas-panas, dengan ditemani segelas kopi atau teh, di pagi atau sore hari. Paling nikmat merebus pisang kepok, saat baru ditebas dari tandannya.

Kadang-kadang pisang kepok yang sudah matang setelah direbus, dibalur dengan gula pasir, supaya rasanya menjadi lebih manis. lebih-lebih jika pisang yang direbus belum terlalu masak, hanya saja sudah cukup tua. 

Tetapi ada juga orang memilih tidak lagi memberikan atau mencampurkan gula putih atau disebut gula pasir . Alasannya karena pisang kepok yang sudah direbus memiliki rasa manis alami.

BACA JUGA:

Lebih-lebih jika kita mengetahui cara merebus pisang kepok dengan baik terutama pisang sudah bersih dan tidak bergetah 

Tetapi kita perlu mengetahui, cara merebus pisang ini agar tidak menghitam, karena faktor getahnya yang masih melengket di tandan maupun di sisir-sisiran buah pisang.

Selain itu waktu yang dipergunakan untuk  merebus pisang kepok usahakan jangan terlalu lama, karena pisang akan menjadi lembek, sehingga mengkonsumsi sudah tidak enak lagi.

Usahakan air yang dipergunakan saat merebus pisang kepok, air yang bersih dan jumlahnya cukup sesuai dengan jumlah pisang. Usahakan jangan terlalu banyak air dan jangan terlalu sedikit yang bisa berakibat pisang lama matang sewaktu direbus.

di kutip dari laman radarmukomuko-disway.id trik merebus pisang kepok agar tidak menghitam ternyata sangat gampang sekali caranya.

BACA JUGA:

saat pisang sedang direbus di dalam dandang, tutup dandang dilepaskan saja. Gunanya adalah agar uap air yang menempel di tutup dandang, tidak jatuh dan menetes ke rebusan pisang yang dapat merubah warna pisang menjadi menghitam atau seperti gosong.

Upayakan merebus pisang, kepok ini jangan terlalu lama, karena jika terlalu lama pisang yang tadinya padat dan teksturnya bisa legit akan melembak, dan warna kulitnya akan lebih kuning.

sehingga pisang jadi lebih lembek, dan rasa manisnya bisa hilang lantaran terlalu lama direbus. Upayakan massa merebus pisang antara 10 sampai 15 menit saja tergantung besar kecilnya pisang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: