Standar ISO Restoran, Cara Menjamin Kualitas dan Keamanan Layanan Kuliner Anda
JAKARTA, RADARPENA.FIN.CO.ID - Standar ISO (International Organization For Standarization) dirancang untuk membantu berbagai industri mengadopsi praktik terbaik dan meningkatkan efisiensi serta keamanan di tempat kerja mereka. Salah satu standar ISO yang relevan untuk industri makanan adalah standar ISO untuk restoran.
Standar ISO Restoran ditujukan untuk membantu restoran dan fasilitas kuliner lainnya menjaga integritas produk dan mengoptimalkan kualitas layanan mereka.
Ini berlaku untuk semua jenis restoran, mulai dari restoran mewah hingga kafe pinggiran yang ramai. Dengan menerapkan standar ini, restoran dapat memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan higienis, keamanan, dan kualitas yang tinggi.
Salah satu aspek penting dari standar ISO Restoran adalah kebersihan dan sanitasi. Restoran harus memiliki prosedur pembersihan dan sanitasi yang ketat untuk menghindari kontaminasi makanan dan menjaga kebersihan lingkungan kerja.
Hal ini meliputi pemeliharaan kebersihan peralatan, pembersihan permukaan, serta pengelolaan limbah yang benar.
BACA JUGA:
- Standar ISO Perbankan yang Diterapkan di Indonesia dan Manfaatnya Demi Meningkatkan Kepercayaan Nasabah
- Raih ISO 22301, Bank Mandiri Pastikan Kehandalan Operasional Bisnis Berstandar Internasional dan Prinsip ESG
Penerapan standar ISO Restoran juga melibatkan manajemen keamanan pangan. Restoran harus memiliki prosedur yang jelas untuk menyimpan, menyiapkan, dan mengolah makanan.
Ini termasuk pengawasan bahan baku yang masuk, pengendalian suhu, dan labelisasi yang benar untuk menghindari risiko keracunan makanan.
Selain itu, standar ini juga mencakup manajemen risiko dalam hal kontaminasi silang. Restoran harus memiliki aturan untuk menghindari kontaminasi antara makanan yang berbeda, seperti penggunaan alat memasak yang terpisah untuk makanan vegetarian dan non-vegetarian, serta menghindari penggunaan bahan yang tidak aman secara bersamaan.
Standar ISO Restoran juga memberikan pedoman untuk melatih staf dengan benar. Restoran harus menyediakan pelatihan yang memadai kepada karyawan dalam hal kebersihan, manajemen risiko pangan, dan penanganan makanan yang benar.
Ini akan membantu meningkatkan kesadaran staf terhadap standar keamanan pangan dan kualitas layanan yang diharapkan oleh pelanggan.
Untuk standar Restoran ISO yang digunakan ISO 22000. Perusahaan yang bergerak di bidang pangan baik yang akan Go National maupun Go International, seharusnya sudah menerapkan standarisasi ISO 22000 ini di proses bisnisnya.
Pengertian ISO 22000
ISO 22000 adalah suatu standar internasional yang merupakan persyaratan global mengenai Sistem Manajemen Keamanan Pangan atau Food Safety Management System (FSMS).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: