Diperkirakan Hujan Akan Turun Awal November, Simak Prakiraan BMKG

Diperkirakan Hujan Akan Turun Awal November, Simak Prakiraan BMKG

JAKARTA, RADARPENA.FIN.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan akan turun pada awal November di sebagian wilayah Indonesia.

Mengutip dari halaman resmi BMKG, sejak 11 Oktober 2023, beberapa daerha di Indonesia sudah mengalami hujan meskipun pada kriteria rendah hingga sedang (0150 mm/dasarian)

Beberapa daerah yang sudah mengalami hujan meliputi, Aceh (sebagian), Sumatera Utara, Riau (sebagian), beberapa wolayah Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Barat, kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua Utara. Meskipun belum merata di setiap daerah, ini merupakan tanda-tanda memasuki musim penghujan.

Prakirawan BMKG Hasalika Nurjanah mengungkapkan sebagian daerah Sumatera yang terlebih dahulu diguyur hujan. 

BACA JUGA:

Dimulai dari Aceh, Medan, dan Pekanbaru, Sementara Tanjungpinang dan Padang berpotensi Hujan lebat.

"Wilayah Jambi dan Bengkulu berpeluang diguyur hujan dengan intensitas ringan. Waspadai hujan disertai dengan kilat maupun petir di Palembang," sebut Nurjanah seperti dilansir dari Antara.

Prakiraan Cuaca Pulau Jawa

Sebagian besar Pulau Jawa msih diliputi awan tebal, kemungkinan akan hujan dengan intensitas ringan dan sedang.

Bali dan Nusa Tenggara masih cerah berawan, sementara Kalimantan diselimuti awan dan diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Sedangkan Maluku dan Papua kondisi berawan, terutama Ternate, Monokowari, Jayapura diperkirakan akan turun hujan berintensitas sedang.

BACA JUGA:

Kepala BMKG: Hujan di Awal November

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyampaikan puncak El Nino masih bertahan hingga akhir Oktober. 

Oleh karena Dwikorita, Ia memperkirakan peralihan musim kemarau ke musim penghujan akan terjadi di awal November.

Dwikorita mengungkapkan El Nino diprediksi bertahan hingga akhir tahun, berlanjut hingga Februari dan mulai melemah di Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: