Wajib Tahu! Inilah Tanaman Yang Dilarang Ditanam Di Halaman Rumah Menurut Islam

Wajib Tahu! Inilah Tanaman Yang Dilarang Ditanam Di Halaman Rumah Menurut Islam

RADARPENA.CO.ID - Memiliki rumah dengan tanaman dihalaman sekitar rumah memanglah terlihat asri dan teduh. Namun, tahukah kamu jika ada tanaman yang dilarang dalam Islam untuk ditanam di halam rumah lho.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW mengatakan bahwa yang dirawat dengan tujuan memberikan manfaat bagi orang lain dapat menjadi ladang pahala. Tanaman tersebut juga bisa menjadi perantara bagi umat Islam untuk bersedekah.

Dalam buku Inilah Islam karya Fahad Salim (2020) disebutkan bahwa merawat tanaman adalah bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Secara tersirat, Rasulullah SAW menganjurkannya kepada umat Islam. Dalam sebuah hadits, beliau bersabda:

"Kalaupun kiamat terjadi dan salah satu di antara kalian masih menggenggam bibit tanaman, maka ia harus segera menanamnya jika mampu melakukannya agar menjadi amal sedekahnya." (HR . Ahmad, No. 12902)

BACA JUGA:

Ternyata ada beberapa tanaman yang tidak boleh ditanam di depan rumah menurut islam, karena ada beberapa tanaman yang dipercaya dapat membawa dampak buruk dan menghalangi energi positif untuk masuk ke rumah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah tanaman yang tidak boleh ditanam di halaman rumah menurut Islam. 

1. Mahkota Duri 

Mahkota duri juga tidak boleh ditanam didepan rumah, hal ini karena tanaman ini memiliki duri tajam yang berbahaya untuk orang-orang di sekitarnya. Tanaman ini juga dipercaya dapat meningkatkan syaraf ketegangan di dalam rumah.

2. Tanaman yang Layu atau Mati

Meletakkan tanaman yang sudah layu atau mati juga perlu dihindari, tidak hanya untuk di depan rumah tapi juga di seluruh ruangan di dalam rumah, bahkan di pekarangan rumah. Hal tersebut dikarenakan, tanaman yang sudah mati atau layu dapat mengolah energi sampai terkuras. Oleh karena itu, pastikan kalian tidak membiarkan ada tanaman yang sudah rusak atau mati ada di sekitar rumah kalian.

3. Kaktus 

Salah satu tanaman yang dilarang untuk ditanam di depan rumah adalah kaktus. Hal ini karena dapat menyerap energi yang ada di sekitarnya. Maka hindari untuk menanam tanaman berduri yang satu ini di depan rumah.

4. Pohon Kapas

Pohon kapas membawa nasib buruk karena mudah menjadi perantara debu dan kotoran di rumah. Debu dan kotoran juga menjadi sumber kemalangan dan kemiskinan di rumah, tentunya kalau kamu sering meninggalkan hunian.Kalau sudah kotor dan tidak terurus, rumah bisa jadi sarang makhluk  halus.\

5. Pohon Anggur

Anggur sendiri merupakan salah satu buah favorit masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis. Meskipun enak atau bisa menjadi olahan makanan, pohon anggur ternyata berpotensi menghalangi rezeki datang ke kamu, lho! Ternyata, tidak hanya menurut Islam. Dalam kepercayaan orang Jawa misalnya, ada orang yang menganggap anggur bisa membawa kebangkrutan kepada pemiliknya.

BACA JUGA:

6. Pohon Bonsai

Pohon bonsai dan beberapa pohon lain yang menghasilkan bunga merah tidak boleh ditanam di dalam ruangan. Alasannya, sifat tanaman ini yang memiliki pertumbuhan terbatas dan harus terus dijaga tetap bisa memberi pengaruh buruk pada kehidupan Anda dan keluarga. Jika Anda masih ingin memelihara pohon bonsai, Anda harus menanam pohon bonsai di ruang terbuka atau ditanam di area taman.

7. Tanaman Myrtus dan Asam Jawa (Imli)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: