7 Manfaat Tidur Siang yang Perlu Diketahui, Bagus Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

7 Manfaat Tidur Siang yang Perlu Diketahui, Bagus Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Tidur siang secara rutin dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengolah serta mengingat hal-hal yang baru dipelajari. Tidur siang bahkan diketahui bisa mencegah gangguan memori, seperti demensia dan pikun.

Namun, berbeda halnya apabila tidur siang dilakukan terlalu lama dan sering. Sebab hal tersebut justru dapat menjadi gejala dari demensia. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan waktu tidur siang yang ideal.

 

Cara Tidur Siang yang Efektif

Tidak semua orang bisa merasa nyaman saat tidur siang, mungkin sebagian orang merasa bahwa tidur siang membuat tidur malam menjadi lebih sulit. Untuk itu ada beberapa cara agar tidur siang bisa efektif:

 

1. Waktu tidur

Untuk menghindari kesulitan di saat tidur malam, sebaiknya perlu diperhatikan waktu tidur siang. Tidur siang disarankan tidak terlalu lama, dengan durasi 15-30 menit tidur siang maka anda akan merasakan dampak baik dibandingkan harus tidur siang yang terlalu lama.

2. Buatlah rencana tidur siang

Menunda tidur siang saat mulai merasa ngantuk bisa menimbulkan rasa gelisah, tidak nyaman. Oleh karena itu, agar lebih nyaman dan aman, buatlah jadwal tidur siang yang teratur sesuai kesibukan Anda sehari-hari.

 

3. Hindari konsumsi kafein

Kafein memiliki efek stimulan yang dapat membuat Anda tetap terjaga dan sulit tidur. Efek ini umumnya muncul sekitar 30 menit setelah mengonsumsi minuman berkafein, misalnya kopi atau minuman berenergi. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kafein bila hendak tidur siang.

 

Itu dia ulasan seputar pentingnya tidur siang bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Selain melalui tidur siang, Anda juga disarankan untuk mengimbangi kebiasaan ini dengan pola hidup sehat lainnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: