Segera Amalkan, Dzikir Pendek Setelah Sholat Fardhu, Dapatkan Keselamatan Dunia Akhirat, Berikut Bacaan dan Urutannya!

Segera Amalkan, Dzikir Pendek Setelah Sholat Fardhu, Dapatkan Keselamatan Dunia Akhirat, Berikut Bacaan dan Urutannya!

RADARPENA.CO.ID - Dzikir adalah salah satu aktivitas yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Setelah menunaikan sholat, dzikir pendek menjadi amalan yang penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas spiritual.

Dengan melakukan dzikir pendek setelah sholat, kita dapat merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan memberikan ketenangan serta kebahagiaan bagi diri kita sendiri.

Artikel RadarPena hari ini akan membahas beberapa dzikir pendek yang dapat diamalkan setelah menunaikan sholat.

1.  Istighfar

Istighfar adalah dzikir untuk meminta ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa yang telah kita lakukan. Dengan mengucapkan "Astaghfirullah" sebanyak tiga kali secara khusyuk setelah sholat, kita menunjukkan rasa penyesalan atas kesalahan yang telah dilakukan dan berharap agar dosa-dosa kita diampuni.

BACA JUGA:

2.  Shalawat

Shalawat adalah dzikir yang berfungsi untuk memuji dan mendoakan Nabi Muhammad SAW. Dalam dzikir ini, kita dapat mengucapkan "Allahumma sholli ala Muhammad" atau "Rabbana atina fid-dunya hasanah wa fil-akhirati hasanah waqina 'adzabannar" setelah sholat.

Dengan mengucapkan shalawat, kita dapat meneladani akhlak Rasulullah dan berharap agar mendapatkan syafaat-Nya kelak di akhirat.

3.  Tasbih

Tasbih adalah dzikir berupa pengulangan kalimat "Subhanallah" sebanyak 33 kali, "Alhamdulillah" sebanyak 33 kali, dan "Allahu Akbar" sebanyak 34 kali.

Dzikir ini dapat membantu kita mengingat kebesaran Allah SWT dan menghapuskan kekhawatiran serta kegelisahan yang ada dalam diri kita.

BACA JUGA:

4.  Doa-doa Pilihan

Selain itu, setelah sholat kita juga bisa melakukan dzikir dengan membaca doa-doa pilihan seperti :

1).  Membaca Doa Perlindungan Api Neraka

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

Allohumma ajirnii minanar dibaca 3 x

اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مَنْكَ الْجَدُّ, لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma la mani a lima a thaita wa la mu’thiya lima mana’ta wa la yanfa’u dzal jadii minkal jaddu, la ilaha illa anta.

Artinya : (“Ya Allah tidak ada yang menghalangi bagi apa yang telah Engkau berikan dan tidak kepada orang yang kaya di sisi Engkau segala kekayaanya selain dari kebesaran-Mu ya Rabb. Tidak ada Tuhan yang layak disembah selain Engkau.”)

2).  Membaca Doa Keselamatan

 فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: