Update Harga Mobil Listrik Oktober 2023, Morris Garages Jadi Saingan Hyundai Ioniq 5

Update Harga Mobil Listrik Oktober 2023, Morris Garages Jadi Saingan Hyundai Ioniq 5

Tim radarpena - Pada tahun 2023 perkembangan mobil listrik kian menarik, tak khayal menjadi salah satu kendaraan yang digemari. Sebab, keunggulan utama dari mobil ini adalah tenaga listrik yang diklaim lebih ramah lingkungan. 

Berbagai brand produsen berlomba-lomba memproduksi kendaraan listrik ini, menjadi daya tarik pembeli dengan berbagai macam model dan desainnya. Sebagai mobil yang ramah lingkungan, kendaraan listrik semakin digalakan oleh pemerintah untuk bisa membantu mengurangi polusi udara yang kian berbahaya.

Salah satu keunggulan lain dari mobil listrik adalah biaya operasional lebih murah dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Sebab, biaya charging mobil listrik untuk terisi penuh lebih murah dibandingkan dengan pengisian BBM.

Dari segi fitur dan interior mobil listrik sendiri sangat beragam. Ada banyak tipe mobil listrik. Secara umum, mobil listrik juga hadir dalam model kendaraan yang beragam, termasuk SUV yang populer. Maka dari itu, desain interior dan fitur yang dimilikinya juga beraneka macam. Namun, desain interiornya pada umumnya sudah dilengkapi dengan pilihan kemudi otomatis. 

 

Tak hanya itu, mode berkendaranya lengkap, terutama untuk mobil Hyundai salah satunya, seperti yang telah disebutkan tadi. Terdapat mode berkendara Normal, Sport dan Eco. 

Kemudian, sebagian besar mobil listrik terbaru sudah dilengkapi dengan wireless smartphone charging pad. Jadi, semua penumpang di dalam mobil, bisa mengisi ulang daya smartphone di perjalanan, tanpa menggunakan kabel. Tak perlu khawatir lowbat lagi.

Pada bagian eksterior mobil listrik, desain eksterior mobil listrik tidak jauh berbeda dengan model yang standar dan non-listrik. Namun, perbedaan utamanya terletak pada adanya komponen untuk pengisian daya mobil. 

Di mana, agar mobil dapat beroperasi maka daya listriknya harus terisi penuh. Cara pengisian daya listrik juga mudah bahkan fleksibel. Bisa melalui AC charger dan pengisian dayanya juga cepat. Umumnya, dalam kurang dari 1 jam, 80% daya baterai terisi. 

Kemudian, eksterior yang terbaru di antaranya yaitu spion dengan setting otomatis, serta desain sporty yang terlihat keren dan casual. Ada juga mobil listrik dengan desain atap electric sunroof yang bisa dibuka. Ini menambah kesan stylish pada mobil listrik.

Secara umum, mobil listrik menggunakan jenis motor permanent magnet synchronous motor (PMSM). Kemudian, dilengkapi dengan fuel economy dengan angka efisiensi 143. Namun, sekali lagi, setiap mobil listrik memiliki sistem konsumsi bahan bakar yang berbeda. Tentunya, terdapat kesamaan yaitu penggunaan daya listrik sebagai penggerak mobilnya. 

Selain itu, mobil listrik juga didukung oleh aki untuk sistem operasionalnya. Seperti salah satunya pada Hyundai Kona Electric, terdapat baterai tipe Lithium-ion Polymer dengan kapasitas 39,2 kWh, dan voltase 327 V, serta output baterai 104 kW. Konsumsi BBM ini bervariasi mengikuti tipe mobil listrik. Tidak terbatas pada mobil listrik Hyundai saja.

 

Ada banyak tipe mobil listrik yang beredar di pasaran. Jadi, pilihannya juga tidak terbatas. Tipe mobil listrik di antaranya yakni Morris Garage ZS Ignite1.5. Mobil ini sudah tersedia di Indonesia dengan harga yang terjangkau dibandingkan mobil listrik lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: