Air Terjun Sipiso Piso, Pesona Keindahan Alam di Tanah Karo

Air Terjun Sipiso Piso, Pesona Keindahan Alam di Tanah Karo

Tim radarpena - Jalan-jalan ke Sutara, jangan lupa mampir ke Danau Toba, kalian yang ke Sumatara Utara, Air terjun di Kabupaten Karo jangan lupa dicoba. Ini bukan pantun, tapi suatu hal yang layak kita ketahui.

Berada di ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut dengan aksesbilitas yang baik dari Berastagi menyajikan sebuah wisata alam yang indah nan eksotis yakni Air Terjun Sipiso-piso.

Air terjun Sipisopiso atau Sipiso-piso adalah sebuah air terjuan yang berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Dengan ketinggian 120 meter membuat air terjun ini membentuk garis vertikal sempurna, sehingga Sipiso-piso masuk dalam kategori air terjun tipe Plunge.

Dilatarbelakangi panorama indah Danau Toba, bukit-bukit, bentangan pulau Samosir bewarna biru, pematang sawah dan ladang, maka tidaklah heran Air Terjun Sipiso-piso jadi wisata andalan Provinsi Sumatara Utara. Selain itu, Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

 

Lokasi air terjun ini tidak jauh dari danau terbesar di Indonesia yakni Danau Toba serta terbentuk pada aliran Sungai Pajanabolon yang merupakan salah satu sungai menyuplai air ke Danau Toba.

 

Sejarah Air Terjun Sipiso-piso

Nama Sipiso-piso diambil dari nama sebuah Gunung yang berada tepat di timur laut Air Terjun Sipiso-piso. Gunung yang juga disebut Gunung Sipiso-piso ini memiliki ketinggian sekitar 1.860 meter di atas permukaan air laut.

Dalam bahasa Batak arti dari Sipiso-piso adalah pisau. Melukis keindahan air terjun dengan ketinggian yang mengalir deras kebawah, hal tersebut diibaratkan sebuah pisau yang sedang 'menyayat' udara.

BACA JUGA:Mengenal Keindahan Alam Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang yang Dijuluki Tebing Nirwana

Dari berbagai sumber lain menyebutkan, dikarenakan air terjun yang satu ini jatuh dari puncak yang sangat tinggi. Derasnya air terjun tersebut membuat air yang jatuh terlihat curam dan tajam seperti sebuah bilah pisau. Dari situlah asal muasal penduduk setempat memberi nama Air Terjun Sipiso-piso.

Fakta Air Terjun Sipiso-piso selanjutnya adalah berada di urutan ke enam sebagai air terjun tertinggi di Indonesia setelah Air Terjun Ponot, Madakaripura, Nokan Nayan, Lembah Harau, dan Batang Kapas.

 

Rute Menuju Air Terjun Sipiso-piso

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: