Sering Dijadikan Minuman Herbal, Inilah Segudang Manfaat Yang Ada Pada Temulawak

Sering Dijadikan Minuman Herbal, Inilah Segudang Manfaat Yang Ada Pada Temulawak

Temulawak mengandung xanthorrhizol dan kurkuminoid yang berfungsi sebagai antimikroba. Berbagai riset menyebutkan bahwa ekstrak temulawak dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, seperti  bakteri Salmonella dan E.coli. Selain itu, ekstrak temulawak juga diketahui memiliki efek antivirus dan antijamur.

Oleh karena itu, temulawak bisa dikonsumsi sebagai obat herbal untuk mencegah dan mengatasi infeksi. Minuman temulawak juga memiliki efek antiradang dan pereda demam alami, sehingga baik dikonsumsi untuk mendukung proses pemulihan saat Anda sedang sakit, misalnya demam atau flu.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Total  

Manfaat temulawak juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol total melalui aktivitas hipokolesterolemiknya.  Selain itu, temulawak juga mengandung kurkuma dan flavonoid yang memberikan efek penurun kolesterol dan tekanan darah.  

7. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Kanker

Temulawak memiliki efek antiradang, antioksidan, dan antikanker yang cukup kuat. Beberapa riset menyebutkan bahwa ekstrak temulawak dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker payudara, kanker serviks, dan kanker hati.

8. Mengobati Penyakit Ginjal

Kandungan dari temulawak bisa membantu menghilangkan radikal bebas pada tubuh. Ini merupakan efek dari antioksidan yang memicu kerusakan pada ginjal dan juga dapat dijadikan obat untuk gejala batu ginjal. Namun, untuk mengkonsumsinya lebih baik selalu melakukan konsultasi dengan dokter, sebab penyakit ginjal tentu membutuhkan penanganan yang intensif.

9. Memperbaiki Jaringan Tubuh yang Rusak 

Dalam dunia fisioterapi, temulawak tergolong adaptogen yaitu zat yang tidak berbahaya yang dapat mendorong peningkatan resistensi terhadap racun atau zat lain yang dapat mempengaruhi keadaan fisik, kimia dan biologis. Oleh sebab itu, temulawak dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dengan mengembalikan jaringan yang rusak menjadi normal kembali.

10. Manfaat Temulawak Untuk Kulit Dan Jerawat 

Sementara dalam dunia kecantikan, manfaat temulawak untuk kulit digunakan sebagai antijerawat. Temulawak mempunyai sifat astringen.  Sifat ini menyebabkan terjadinya oedema pada muara folikel rambut atau pori-pori kulit, sehingga secara tidak langsung akan mengurangi sekresi sel sebasea.

Daya antiseptik ringan yang dimiliki temulawak dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri-bakteri patogen, sehingga radang jerawat berangsur-angsur membaik, mengering, dan akhirnya sembuh. 

Nah, itulah beberapa manfaat yang ada pada Temulawak yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: